My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Rusia Akan Tempatkan Persenjataan Modern di Kepulauan Kuril

10 Februari
04:36 2011
Rusia Akan Tempatkan Persenjataan Modern di Kepulauan Kuril

Kapal Induk Mistral

Gorky – Presiden Rusia, Dimitry Medvedev, Rabu (10/2) menyatakan bahwa Rusia dalam waktu dekat akan segera menempatkan persenjataan barunya di Kepulauan Kuril yang selama ini disengketakan dengan Jepang.

Pernyataan Medvedev ini diberikan beberapa hari menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Jepang ke Rusia.

Kepulauan Kuril masuk dalam wilayah Rusia di era akhir Perang Dunia II saat tentara Uni Soviet menduduki keempat pulau di lepas pantai Pulau Hokkaido Jepang. Hingga kini Kepulauan Kuril masih hambatan bagi penandatanganan perjanjian damai Jepang – Rusia serta meregangkan hubungan kedua negara.

“Rusia harus menempatkan persenjataan moderen yang mumpuni guna memastikan keamanan kepulauan tak terpisahkan dari Rusia itu,” kata Medvedev kepada Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov di kediaman presiden di dekat kota Moskow.

Pada 2010 silam, Kepala Staff Angkatan Bersenjata Rusia Nikolai Makarov mengatakan Rusia akan menempatkan kapal induk pengangkut helikopter kelas Mistral yang dibeli dari Prancis melalui kesepakatan pada Desember untuk ditempatkan di Samudra Pasifik guna melindungi kepulauan itu.

Rusia memiliki sebuah divisi artileri bersenjatakan sejumlah peralatan usang yang ditempatkan di pulau kecil Kuril Selatan, serta sejumlah personil militer yang tidak dipublikasikan jumlahnya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS