My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Rombongan Sail Mandeh Bertolak dari Teluk Bayur

 Breaking News
16 Mei
12:31 2015
Rombongan Sail Mandeh Bertolak dari Teluk Bayur

KRI Surabaya – Rombongan pelayaran Joy Sailing Mandeh 2015 bertolak dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menuju kawasan wisata Bahari Mandeh yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu pagi.

Rombongan yang terdiri atas Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wali Kota Padang Mahyeldi serta peserta lainnya berangkat menggunakan KRI Surabaya-921 pukul 09.30 WIB.

Setiba di Mandeh rombongan akan menyaksikan Festival Mandeh 2015 serta menikmati keindahan alam kawasan Mandeh yang rencananya akan dicanangkan sebagai kawasan wisata taman laut oleh Presiden Jokowi.

Sejak bertolak dari pelabuhan Teluk Bayur rombongan menikmati perjalanan laut dengan pemandangan yang indah serta dikawal oleh dua kapal cepat Komando Pasukan Katak.

Usai beramah tamah dengan awak kapal, Menteri PPN beserta sejumlah pejabat terlihat asyik berbincang di rungan bagian atas kapal.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pihaknya akan fokus mempromosikan kawasan wisata Bahari Mandeh ke tiga kawasan yaitu Malaysia, Singapura, negara di Timur

Tengah dan Tiongkok.

“Kunjungan wisatawan asing ke Mandeh sekitar enam ribu orang per tahun, angka itu terlalu kecil sehingga perlu promosi yang akan difokuskan pada tiga wilayah,” kata Arief.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menjelaskan kawasan Laut Mandeh merupakan salah satu objek wisata yang sedang dikembangkan di Kabupaten Pesisir Selatan dengan luas sekitar 8.000 hektare.

Kawasan Mande memiliki keindahan terumbu karang yang tidak kalah dengan tempat lain dimana terdapat sekitar 70 hektare terumbu karang yang masih terawat, kata dia.

Selain itu terdapat hutan mangrove seluas 389 hektare serta berbagai biota laut yang beraneka ragam, lanjut dia.

Ia mengatakan Mandeh juga memiliki teluk yang cukup luas dan indah dengan ombak yang tenang sehingga sangat tepat menjadi tempat rekreasi.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Gunawan mengatakan kawasan wisata Mandeh berbatasan langsung dengan Kota Padang yang jaraknya sekitar 56 kilometer dari Padang.

Disebut sebagai Kawasan Wisata Mandeh karena salah satu kampung yang ada di kawasan itu bernama Kampung Mandeh yang terletak dibagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Teluk itu cukup landai dan tidak berombak karena di sekitarnya terdapat beberapa pulau kecil di antaranya, Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak.

Beberapa pulau kecil yang ada disana tidak kalah indahnya dengan objek wisata lainnya di tingkat internasional, salah satunya Pulau Cubadak yang dikembangkan investor dari Italia sebagai resort wisata atau yang lebih dikenal dengan Cubadak Paradise.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS