My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

RI-Timor Leste Kerja Sama Riset Kelautan

30 April
13:30 2008

Jakarta, Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste akan melakukan kerja sama ekonomi di bidang pengembangan teknologi riset kelautan. Namun dimasa yang akan datang tidak menutup kemungkinan kerjasama akan dilakukan pada sektor lain seperti budi daya perikanan.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, salah satu bentuk kesepakatan dalam kerja sama kedua negara adalah dengan melakukan pemantauan potensi sumber daya ikan di perairan Timor Leste.

Freddy yang didampingi Menteri Pertanian dan Perikanan Timor Leste Mariano Sabrio Lopes mengatakan bahwa pada pertengahan 2008 ini, para peneliti Indonesia dibawah koordinasi Badan Riset Kelautan dan Perikanan DKP akan membawa kapal riset serta peralatan survey guna melakukan ekspedisi riset perikanan di Timor Leste.

Menurut Freddy, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan bilateral RI-RDTL pada Senior of Officials Meeting (SoM) dan The Regional Ministerial Meeting on Promoting Responsible Fishing Practices in The Region di Bali 2007 lalu.

Sementara Indroyono Soesilo, Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan DKP, mengatakan bahwa pemerintah Timor Leste meminta bantuan para ahli Indonesia untuk memperoleh informasi perihal stok perikanan di perairannya. Data perihal stok perikanan ini kemudian akan dijadikan referensi dalam pengambilan kebijakan sehubungan kuota yang akan diberikan kepada calon investor. Indroyono juga menjelaskan bahwa riset ini direncanakan akan berlangsung selama satu bulan dan akan melakukan penelitian di perairan Timor Leste, yang umumnya merupakan laut dalam sehingga tidak sedikit ikan tuna yang bermigrasi ke perairan ini.

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *