My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Reli Kapal Layar Tiang Tinggi SWB 2011 Dilepas di Darwin

24 Juli
07:30 2011
Reli Kapal Layar Tiang Tinggi SWB 2011 Dilepas di Darwin

Sail Wakatobi Belitong 2011

Jakarta – Perlombaan kapal layar tiang tinggi atau “yacht rally” Sail Wakatobi-Belitong 2011 secara resmi telah dilepas Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Gellwynn Jusuf di Darwin, Northern Territory, Australia, Sabtu (23/7).

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 111 peserta dari 18 negara,” kata Gellwynn dalam keterangan tertulisnya Minggu (24/7).

Jumlah tersebut, menurut Sekjen KKP, merupakan peningkatan dari pelaksanaan “yacht rally” tahun sebelumnya yang diikuti 107 peserta.

Para peserta “yacht rally” akan berkeliling ke sebanyak 21 kabupaten yang terdapat di Indonesia.

Rute dari ke-21 kabupaten yang akan dilintasi para peserta rencananya adalah dimulai dari Kupang atau Saumlaki hingga di Belitong atau Batam.

Para peserta “yacht rally” itu sendiri usai dilepas di Australa akan terbagi ke dalam dua tim, yaitu ke arah timur yang akan tiba di Saumlaki pada tanggal 26-30 Juli 2011, kemudian berlanjut ke Ambon, Buru, Wakatobi, Bau-Bau, dan Makasar.

Sementara tim yang ke arah barat dijadwalkan tiba di Kupang pada tanggal 27-31 Juli 2011, kemudian berlanjut ke Alor, Lembata, Ende dan Alung.

Kedua tim selanjutnya akan bertemu kembali di Labuan Bajo pada tanggal 31 Agustus-5 September untuk bersama-sama melanjutkan perjalanan ke Lombok Utara, Bali, Karimun Jawa, Kumal dan Belitung pada tanggal 5-12 Oktober 2011 sebelum berakhir di Singapura.

Pelaksanaan Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 memiliki empat tujuan, yaitu menggalang keterpaduan pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadikan Wakatobi (Sultra) dan Belitong (Babel) sebagai destinasi wisata, menciptakan “the best sailing passage”, dan menjadikan potensi kelautan perikanan Sultra dan Babel sebagai sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Selain “yacht rally”, kegiatan utama lainnya dalam SWB 2011 adalah operasi Bhakti Surya Baskara Jaya, seminar nasional dan internasional, lintas nusantara remaja pemuda bahari, dan pameran produk perikanan.

Sedangkan puncak acara sendiri dilaksanakan di Pantai Sombu Wakatobi pada 23-29 Agustus dan pada 5-12 Oktober di Pantai Tanjung Kelayang Belitung yang rencananya dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kegiatan SWB merupakan kelanjutan dari acara serupa yaitu Sail Bunaken di Sulawesi Utara pada 2009 dan Sail Banda di Maluku pada 2010.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *