My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ratusan Turis Mancanegara Ikut Lepas 125 Penyu

02 Juli
01:32 2009
Ratusan Turis Mancanegara Ikut Lepas 125 Penyu

tukik1Tanjungpinang – Ratusan wisatawan mancanegara ikut melepas 125 ekor anak penyu ke laut di pantai Nirwana Gardens Resort Lagoi Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (1/7)  sore.

“Anak-anak penyu ini merupakan hasil penangkaran yang dilakukan menajemen Nirwana Gardens Resort di sepanjang pantai kawasan wisata Lagoi,” kata Asisten Direktur Operasional Nirwana Gardens Resort, Arya Waskita.

“Wisatawan asing sangat tertarik dan mengaku kagum dengan penyu-penyu tersebut saat dilepas menuju pantai,” kata Arya.

Arya mengatakan acara pelepasan penyu-penyu ini merupakan agenda tahunan yang dilakuan oleh Nirwana Gardens dan sudah dimulai dari tahun 2005.

“Kami sudah melepaskan penyu hasil penangkaran dari tahun 2005 sampai 2009 lebih kurang 4.500 ekor,” ujarnya.

Dia menambahkan selain menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pelepasan penyu ini juga merupakan program untuk mencegah hewan itu dari kepunahan.

“Selain untuk konservasi di Bintan, kami juga menunjukkan kepada tamu bahwa kami peduli terhadap hewan yang terancam punah,” katanya.

“Telur penyu yang kami tangkarkan disini adalah penyu jenis sisik (Hawksbill Turtle) yang dikumpulkan dari pantai Pasir Panjang Lagoi setelah penyu betina bertelur,” ujarnya.

Arya mengatakan setiap sarang yang ditemukan terdapat sekitar 140 sampai 150 telur.

“Namun berdasarkan hasil penelitian setelah telur penyu tersebut menetas dan dilepas ke laut hanya 10 persen yang dapat bertahan hidup,” katanya. (Ant)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS