My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ratusan Tukik Penyu Lekang Akan Dilepas ke Alam Bebas

10 Juli
12:30 2010
Ratusan Tukik Penyu Lekang Akan Dilepas ke Alam Bebas

Tukik Penyu Lekang, Indosmarin.com

Kuta – Sekitar 150 ekor bayi penyu atau tukik menurut rencana akan dilepas ke alam bebas pada Minggu (11/7) pagi pukul 08.00 WITA.

Pelepasan tukik dari jenis penyu lekang atau Lepidochelys olivacea ini akan dilakukan di depan  kantor Satuan Tugas (Satgas) Pengawas Pantai Kuta, Bali.

“150 Tukik ini merupakan hasil penangkaran, dari induk penyu yang bertelur pada 24 Mei lalu,” jelas Anak Agung Ngurah Tresna, Koordinator Satgas Pantai Kuta kepada Indosmarin.com, Sabtu (10/7) siang.

Menurut Anak Agung Ngurah Tresna, saat ini pihaknya tengah menangkarkan lebih dari 3.800 telur penyu lekang atau penyu abu, yang mulai bertelur di sepanjang pantai Kuta sejak Maret 2010.

Sementara, ratusan tukik yang hendak dilepas ke alam bebas, Sabtu siang kemarin telah dikumpulkan ke dalam beberapa baskom berisi air laut. Hal ini dilakukan agar tukik ini tidak mengalami dehidrasi.

Selain diletakkan ke dalam baskom berisi air, ada pula tukik yang diletakkan secara terpisah ke dalam baskom berisi pasir laut. Tukik yang diletakan terpisah ini adalah tukik yang ari-ari atau tali pusarnya belum kering.

Sejak 2002 silam, Pantai Kuta mulai didatangi kembali induk-induk penyu Lekang untuk bertelur. Aktifitas penyu bertelur di malam hari dan pelepasan tukik ke alam bebas, menjadi atraksi tersendiri bagi para pengunjung pantai Kuta.(Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS