My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ratusan Telur Penyu Berhasil Diamankan dari Pencurian

16 Januari
23:45 2009
Ratusan Telur Penyu Berhasil Diamankan dari Pencurian

Jingga Fajar – Indosmarin.com
Jember
– Sedikitnya 600 telur penyu di kawasan konservasi Pantai Sukamade yang dikelola Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jember – Jawa Timur, berhasil diselamatkan dari aksi pencurian yang dilakukan oleh SW (36), warga Dusun Sumber Langsep Desa Sukamade Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Resor Sarongan, Wiwied Widodo, Jumat (16/1) mengatakan bahwa petugas menangkap SW berawal dari penemuan lima lubang sarang penyu di Pantai Sukamade yang sudah kosong.

“Petugas kemudian berkeliling dan berhasil menangkap SW dengan membawa 600 telur penyu hijau (Chelonia Mydas) di sekitar pantai Sukamade,” katanya kepada Antara

Pihak TNMB, kata Wiwied, menduga kuat bahwa SW terlibat sindikat pencuri dan perdagangan telur penyu secara ilegal karena beberapa warga sekitar Pantai Sukamade melihat beberapa orang bersama SW.

“Dugaan petugas, tersangka tidak beraksi sendirian dan masih ada pencuri telur lainnya yang beraksi di Pantai Sukamade,” katanya menerangkan.

Wiwied menjelaskan, saat ini tersangka ditahan di Polisi sektor (Polsek) Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi untuk diproses lebih lanjut, sedangkan barang bukti 600 telur penyu langsung dibawa kembali ke Pantai Sukamade untuk ditetaskan.

“Hanya sebagian kecil yang dijadikan barang bukti di polsek setempat agar ekosistem penyu hijau di pantai Sukamade tetap terpelihara,” katanya.

Ia mengungkapkan, aksi pencurian sering terjadi di kawasan pantai Sukamade sehingga para petugas melakukan patroli secara rutin dari pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB secara bergantian.

“Petugas akan lebih waspada dan melakukan pemeriksaan terhadap lalu lintas orang dan kendaraan yang keluar dari pantai Sukamade.(Ant.)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS