My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Puspenerbal Gelar Latihan Sea and Jungle Survival

 Breaking News
06 Mei
17:45 2015
Puspenerbal Gelar Latihan Sea and Jungle Survival

Gresik – Sebanyak 55 penerbang Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) yang bertugas sebagai awak pesawat udara TNI AL mengikuti latihan Sea & Jungle Survival di kawasan hutan Sekapuk dan Pantai Delegan Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Latihan yang berlangsung selama satu pekan ini, meliputi pelajaran teori dan praktek guna meningkatkan keterampilan, kemampuan dan pengetahuan teknik dan taktik serta kerja sama personel dan uji doktrin dalam melaksanakan survival di laut maupun di hutan bila terjadi keadaan darurat.

“Latihan ini diikuti personil Mako Puspenerbal, Lanudal Juanda, Fasharkan Pesud, dan Wing Udara I, dan dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan ketanggapdaruratan dari personil TNI AL terhadap suatu kecelakaan yang terjadi, baik dalam operasi militer untuk perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP),” papar Komandan Puspenerbal (Danpuspenerbal) Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta.

Sedangkan materi yang dilatihkan antara lain, bagaimana merubah air laut menjadi air tawar, Renang laut, penggunaan peralatan AKP, dropping liferaft dengan Pesawat Udara Cassa, dan Sea & Jungle Survival.

“Manfaat yang diperoleh pada latihan ini, adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan, kecepatan, ketepatan tindak dan kerja sama tim untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau musibah baik di laut maupun di darat,” imbuh Sigit Setyana

Dia juga mengatakan kecelakaan pesawat udara ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor yakni faktor alam (cuaca), bahaya navigasi, kondisi peralatan maupun karena human error (kesalahan manusia).

“Oleh karena itu kepada seluruh peserta latihan saya instruksikan agar berlatih serta mengikuti instruksi pelatih dengan sunguh-sunguh dan semoga latihan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman serta dapat lebih meningkatkan profesionalisme para Penerbang TNI AL dalam mengemban tugas di masa kini maupun masa mendatang,” tegas Danpuspenerbal.(Dispenal)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS