My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Program Ruang Angkasa Rusia-Jerman Jajaki Pulau Biak Sebagai Pangkalan Peluncuran Satelit

22 Oktober
17:21 2011
Program Ruang Angkasa Rusia-Jerman Jajaki Pulau Biak Sebagai Pangkalan Peluncuran Satelit

Pemkab Biak Numfor

Biak – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Biak Numfor, Nehemia Wospakrik, Sabtu (22/10) mengatakan bahwa letak geografis Kabupaten Biak Numfor, Papua, masuk nominasi tempat peluncuran satelit program kerja sama antara pemerintah Rusia, Jerman dan Indonesia.

Menurut Nehemia Wospakrik, undangan pembicaraan tindak lanjut peluncuran satelit di Biak dengan pemerintah Rusia dan Jerman telah diterima pihak Pemerintah Kabuten (Pemkab) dan DPRD yang berlangsung di Jakarta akhir Oktober 2011. 

“DPRD menyambut positif rencana kerjasama peluncuran satelit di Biak karena bisa mendatangkan investasi serta menggairahkan perekonomian daerah mendatang,” ujarnya.

Nehemia mengatakan, rencana pihak Rusia dan Jerman melakukan peluncuran satelit di Biak akan dibahas bersama dengan Pemkab Biak, masyarakat adat serta pihak berkepentingan di wilayah ini.

Keinginan Rusia melibatkan pembicaraan dengan pihak adat, menurut Nehemia, sebagai langkah maju dan positif karena dengan berdialog dapat mengetahui apa yang menjadi tuntutan masyarakat pemilik hak ulayat di Pulau Biak.

Ia mengimbau, masyarakat Biak Numfor bisa mendukung rencana pemerintah kabupaten untuk menjalin kerjasama dengan investor asing dalam hal program penjajakan peluncuran satelit.

“Saya ajak semua komponen masyarakat Biak Numfor dapat memberikan dukungan kepada pemkab dan DPRD dalam menjajaki keinginan pihak Rusia dan Jerman melakukan pengembangan satelit,” ajaknya.

Nehemia mengakui, jika kelak rencana peluncuran satelit terealisasi di kabupaten Biak Numfor, maka dana akan mengalir cukup besar ke Kabupaten Biak Numfor sehingga membantu pembiayaan berbagai program pembangunan di daerah ini.

Dalam kenyataan selama ini sumber pembiayaan pembangunan Kabupaten Biak Numfor masih bergantung penuh dengan dukungan pemerintah pusat melalui dana alokasi umum dan sumber pembiayaan lainnya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS