My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

ProFauna Serukan Penyelamatan dan Pelestarian Penyu

16 Juli
11:33 2009
ProFauna Serukan Penyelamatan dan Pelestarian Penyu

logo-profaunaKuta – Lembaga pemerhati satwa ProFauna Indonesia, Kamis (16/7) siang kembali menggelar aksi menggalang dukungan bagi pelestarian penyu di Kuta. Dalam kampanye tersebut dibentangkan spanduk sepanjang 100 meter bertuliskan “only 1 from 1000 will survival”.

Kampanye pelestarian penyu ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pada masyarakat untuk menjaga keberadaan penyu yang semakin punah. Dari berbagai hasil penelitian menyebutkan bahwa rata-rata dari 1000 ekor anak penyu hanya ada satu yang dapat bertahan hidup sampai dewasa.

Kondisi ini menunjukkan bahwa penyu sangat rawan punah jika upaya pelestariannya tidak digalakkan dari sekarang.

Koordinator ProFauna Bali, Wayan Wiradnyana menyatakan ancaman utama kepunahan penyu saat ini adalah penangkapan liar untuk diperdagangkan dagingnya. Selain itu perdagangan telur penyu ilegal juga mengancam kelestarian satwa yang sudah ada sejak jaman purba.

“Perdagangan penyu dan telurnya adalah perbuatan kriminal, karena penyu adalah satwa yang telah dilindungi undang-undang” kata Wayan Wiradnyana.

Wiradnyana menambahkan, menurut Undang-Undang No. 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya disebutkan bahawa perdagangan penyu dapat diancam hukuman 5 tahun penjara dan denda maksimum Rp. 100 juta.

Aksi penggalangan dukungan pelestarian penyu juga melibatkan penyanyi rock Melanie Subono. Menurut Melanie, penyu adalah satwa yang unik yang dapat menjadi daya tarik wisata. Begitu juga membunuh penyu justru akan memberikan dampak negatif bagi pariwisata Bali.(Mul)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS