My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pro Fauna: Diprediksi Penyu Akan Punah Dalam 5 Tahun Mendatang

18 November
19:14 2010

Penyu Hijau

Kuta – Lembaga pemerhati satwa ProFauna Indonesia memperkirakan dalam 5-10 tahun kedepan populasi penyu di Indonesia akan punah.

Prediksi ini didasarkan pada masih maraknya penangkapan dan perdagangan penyu di Indonesia. Terutama penangkapan penyu berukuran besar dan berumur 30-50 tahun keatas. Mengingat penyu dengan umur 30 tahun keatas merupakan penyu induk dan siap untuk bereproduksi.

Koordinator ProFauna Indonesia wilayah Bali Wayan Wiradnyana, menyatakan ancaman terhadap populasi penyu semakin mengkhawatirkan ketika dari beberapa kasus pengungkapan perdagangan penyu ilegal cukup banyak ditemukan penyu betina yang berumur 30 tahun keatas yang ditangkap. Indikator ini menunjukkan bahwa penyu-penyu tersebut ditangkap di perairan yang menjadi wilayah perkawinan penyu.

“populasi penyu ini semakin terancam, induk betina yang sudah siap kawin umur 30 tahun kini ditangkap, sedangkan untuk menunggu indukan baru yang siap bertelur butuh waktu yang panjang” papar Wayan Wiradnyana kepada Indosmarin.com di Kuta .

Wayan Wiradnyana menyebutkan secara rata-rata pertahun jumlah penyu hidup yang diperdagangkan di Indonesia mencapai 1000-2000 ekor penyu. Dimana Bali masih sebagai pusat perdagangan penyu di Indonesia.(Mul)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS