My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Potensi Perikanan Aceh Baru Tergarap 10 Persen

 Breaking News
06 Mei
19:57 2015
Potensi Perikanan Aceh Baru Tergarap 10 Persen

Banda Aceh – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan potensi perikanan laut provinsi di ujung barat Indonesia tersebut baru tergali sekitar 10 persen.

“Potensi perikanan laut Aceh sangat besar. Tapi yang dihasilkan hanya berkisar sekitar 10 persen,” kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, Rabu.

Gubernur menyebutkan, Aceh memiliki luas laut mencapai 295.370 kilometer bujur sangkar. Luas laut tersebut meliputi Samudra Hindia di bagian barat dan Selat Malaka di wilayah timur, serta Laut Andaman di utara Aceh.

Jika diperkirakan, kata Zaini Abdullah, potensi perikanan laut Aceh memproduksi ikan mencapai 1,8 juta ton per tahun. Namun, yang baru dihasilkan hanya seper sepuluhnya atau hanya 10 persen saja.

Menurut Gubernur, rendahnya potensi yang dihasilkan tersebut tidak terlepas dari minimnya penggunaan teknologi alat tangkap serta sarana prasarana lainnya.

Begitu juga dengan sumber daya manusianya, kata dia, juga masih kurang memiliki kualitas dan kapasitas di bidang perikanan laut. Dengan faktor tersebut, tentu potensi perikanan laut belum menghasilkan hasil maksimal.

“Karena itu, Pemerintah Aceh terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, di samping mengembangkan penggunaan teknologi tangkap yang lebih modern,” kata dia.

Di bidang infrastruktur, sebut Gubernur, Pemerintah Aceh membangun sejumlah pelabuhan perikanan. Pembangunan pelabuhan ini untuk mendukung nelayan dalam meningkatkan produktivitasnya.

“Ada beberapa pelabuhan perikanan yang sudah memadai seperti di Lampulo, Banda Aceh, maupun Sabang. Pelabuhan seperti ini juga akan dibangun di sejumlah daerah di Aceh,” kata dia.

Selain itu, sebut dia, pemerintah daerah juga terus berupaya membangun industri yang mendukung peningkatan produksi nelayan. Serta menguatkan peran lembaga nelayan.

“Kami akan membangun perikanan menjadi sektor yang tangguh dan menjadi andalan Aceh. Sebab, Aceh memiliki potensi perikanan yang sangat banyak,” kata Zaini Abdullah.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS