My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Potensi Muara Dua Bagi Pengembangbiakan Kepiting Bakau

 Breaking News
06 Mei
17:06 2015
Potensi Muara Dua Bagi Pengembangbiakan Kepiting Bakau

Lhokseumawe – Kepiting bakau yang memiliki nilai jual bagus, sangat berpotensi jika dikembangkan di wilayah pesisir Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, yang memiliki areal pertambakan luas.

Camat Muara Dua Bukhari, di Lhokseumawe Rabu mengatakan, bahwa untuk saat sekarang, kepiting bakau belum dibudidayakan secara meluas oleh petani tambak di Kecamatan Muara Dua.

“Pembudidayaannya masih bisa dihitung dengan jari dan pembudidayaannya juga masih sangat alami,” katanya.

Sehingga warga ataupun petani tambak banyak yang mencari kepiting bakau tersebut dengan cara mencarinya di alam liar seperti hulu atau hilir sungai diantara akar pohon bakau serta tambak yang sedang dikeringkan airnya dengan memakai alat khusus pada lubang atau sarang kepiting bakau tersebut.

Selain dilakukan dengan menggunakan alat khusus juga dilakukan dengan cara dipancing memakai umpan kepala ayam atau ikan.

Bukhari menambahkan, jika ditinjau dari potensinya, maka sangat tepat di wilayah pesisir kecamatan Muara Dua, yang sebagian besarnya adalah daerah perairan, maka sangat tepat untuk dikembangkan jenis komoditas tersebut.

“Apalagi harga jenis kepiting bakau memiliki harga yang bagus di pasaran dan dapat menjadi salah satu komoditas ekspor untuk jenis produk perikanan,” ungkap Bukhari.

Oleh karena itu, dirinya sangat mengharapkan kepada petani tambak di wilayahnya, untuk dapat mengembangkan jenis kepiting bakau agar tambaknya lebih produktif dan dapat meningkatkan taraf ekonomi yang lebih baik.

Begitu juga kepada dinas terkait, agar dapat memberikan pelatihan dan pembinaan kepada petani tambak sehingga mau membudidayakan salah satu jenis produk perairan dimaksud.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS