My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

TNI AL, Amankan 198 Manusia Perahu Asal Myanmar

03 Februari
15:35 2009
TNI AL, Amankan 198 Manusia Perahu Asal Myanmar

Jakarta – Setelah terapung-apung selama 21 hari di laut, kapal tanpa nama dan tanpa mesin yang mengangkut penumpang sebanyak 198 orang keseluruhannya berjenis kelamin laki-laki diamankan di pos Satuan Radar (Satrad) TNI AL Idi Rayeuk Aceh Timur Selasa, (3/2).

Menurut Kadispenarmabar Letkol Laut (KH) Drs. Supriyono pada Selasa 3 Februari sekitar pukul 03.20 WIB telah merapat kapal tanpa nama dan tanpa mesin di Pos TNI Angkatan Laut Idi Rayeuk dengan muatan 198 orang asal Burma dengan ciri-ciri kapal panjang 16 m lebar 2,5 m tanpa bangunan kapal dan tanpa mesin.

Awalnya kapal tersebut terapung-apung pada 2 Februari pukul 14.00 WIB kurang lebih 68 mil dari Idi Rayeuk ditemukan nelayan KM Sepakat yang tengah melaut kemudian memberikan Pertolongan dengan menarik kapal tersebut ke Pos TNI AL Idi Rayeuk.

Saat diadakan pemeriksaan aparat TNI AL dari pengakuan sementara ABK awalnya mereka membawa penumpang sebanyak 224 orang dan selama perjalanan 26 orang meninggal dunia dan dibuang kelaut. Kondisi penumpang yang selamat saat ditemukan banyak yang mengalami sakit dan kelaparan.

Dari identifikasi sementara terhadap penumpang kapal tersebut 57 orang warga negara Myanmar yang sakit langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Umum RSU Idi Rayeuk guna mendapat perawatan medis, sedangkan sisa penumpang sebanyak 141 orang dievakuasi kekantor camat Idi Rayeuk.

Sampai saat ini aparat TNI AL bekerja sama dengan pemda setempat masih terus melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap keseluruan penumpang kapal tersebut.(Gen)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS