My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Populasi Penyu Menurun Akibat Habitat Rusak

28 Januari
12:00 2009
Populasi Penyu Menurun Akibat Habitat Rusak

Sanur – Populasi penyu petelur di Bali, saat ini telah mencapai sekitar 80 ribu ekor dan paling tidak dibutuhkan waktu antara lima hingga sepuluh tahun kedepan untuk tetap menjaga populasi ini agar tetap dalam keadaan stabil. Demikian disampaikan Ida Bagus Windia Adnyana, peneliti masalah penyu dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana – Bali.

Menurut Windia, untuk dapat mempertahankan populasi penyu tetap stabil setidaknya diperlukan sekitar 1 juta ekor penyu petelur. Selain itu peneliti yang akrab dipanggil Gus Win ini menyatakan bahwa ancaman terbesar dari upaya pelestarian penyu saat ini adalah rusaknya habitat penyu.

“Penangkapan berkurang, pengambilan telur berkurang tetapi pantai tempatnya bertelur rusak, terus telurnya itu mau diapain. Mau dipindah kita terbentur dengan aturan, itu harus dicarikan jalan keluar” ujar Gus Win.

Gus Win juga menegaskan kerusakan habitat penyu saat ini bukan saja akibat kenaikan permukaan laut tetapi juga akibat abrasi yang terjadi di beberapa pantai di Bali. Terkait dengan perdagangan penyu, Windia mengakui masih tetap terjadi walaupun dilakukan secara sembunyi-sembunyi.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS