My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Polda Bali Berhasil Tangkap Dua Penyelundup Penyu Ilegal

31 Mei
18:25 2009
Polda Bali Berhasil Tangkap Dua Penyelundup Penyu Ilegal

seranganpenyu001Denpasar – Dua pelaku penyelundupkan penyu ilegal, Sabtu (30/5) berhasil diringkus petugas kepolisian dari Polisi Perairan (polair) Polda Bali. Adapun identitas Kedua tersangka penyelundup ini masing-masing, I Kadek Swastika (34) dan Herdianto (29).

Dalam aksinya ini Kadek Swastika berperan sebagai tersangka penadah penyu, sementara Herdianto sebagai nahkoda kapal yang digunakan untuk menyelundupkan penyu ilegal ini ke Bali.

Dari tangan kedua tersangka, polisi berhasil menyita beberapa ekor jenis penyu hijau ( ). Berdasarkan pemeriksaan polisi, kedua tersangka mengakui jika penyu ilegal ini ditangkap dari perairan sekitar Suka Barong, Sukomadu, Banyuwangi.

Direktur Polisi Perairan Polda Bali, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Oka Eswara Dwi Asoka Candrana, mengatakan bahwa penangkapan ini bermula dari adanya informasi sebuah kapal yang membawa penyu sedang sandar di Pantai hotel Nikko, Nusa Dua, Badung.

Tidak ingin kecolongan, polisi pun segera memantau lokasi dan memantau rumah sang penadah. Tidak sia-sia, setelah sepekan melakukan pemantauan, polisi pun kemudian melakukan pengerebekan di rumah Swastika di Jalan Taman Sari Gang Buntet, Banjar Tengah, Tanjung Benoa, Badung. Di rumah ini polisi menemukan sekitar enam ekor penyu hijau.

“Sebenarnya ada tujuh penyu, tapi satu ekor sudah terlanjur dijual,” papar Oka Eswara.

Dari “nyanyian” Swastika, polisi kemudian segera menangkap Herdianto beserta kelima Anak Buah Kapal (ABK) nya. Dari pengakuan para ABK, semula mereka hanya akan menangkap ikan dan udang saja. Tetapi berhubung sedang musim paceklik ikan dan udang, maka¬† nahkoda kapal kemudian memerintahkan agar mengalihkan tangkapan pada penyu.

Selanjutnya Oka Eswara mengatakan bahwa “Dari pengakuan para ABK, mereka mencari penyu dengan cara menyelam dibantu kompresor dan tali. Penyu yang sedang tidur pun langsung diikat dan diangkut ke kapal. Dari pengakuan para tersangka, setiap ekor penyu dijual dijual dengan harga Rp 8 juta.”(Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *