My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pesawat Latih TNI AL Mendarat Darurat

28 April
10:21 2009
Pesawat Latih TNI AL Mendarat Darurat

Semarang – Sebuah pesawat latih TNI Angkatan Laut, Selasa (28/4) pukul 09.40 WIB, mendarat darurat di Pantai Maron Semarang, Jawa Tengah. Pesawat melakukan pendaratan darurat setelah mengalami gangguan mesin saat sedang melakukan latihan terbang di sekitar wilayah Lanud Ahmad Yani Semarang.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, pesawat jenis Tobago/TB-10 ini sedang dalam misi latihan terbang bagi para Perwira Siswa (Pasis) Penerbang Angkatan XVII Sekolah Penerbangan Komando Pendidikan dan Pengembangan TNI AL (Kobangdikal).

Menurut Iskandar, pesawat latih dengan nomor register L-208, berangkat dari Lanud Ahmad Yani Semarang pukul 09.00 WIB, namun baru terbang sekitar 40 menit, tiba tiba saja mesin pesawat mengalami gangguan. Pilot pun berusaha membawa kembali pesawat ke pangkalan dengan mengandalkan sisa tenaga dan ketinggian yang ada. Sayangnya upaya pilot jauh dari harapan, karena angin tidak mendukung pesawat ini melayang lebih jauh untuk mencapai landasan. Kondisi ini kemudian memaksa pilot mendaratkan pesawatnya di tepi pantai Maron yang hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari ujung runway 13.

Pilot Letkol Laut (P) Imam Musani yang sekaligus sebagai instruktur dan Pasis Penerbang Lettu Laut (P) Ruby Mohtar mengalami luka-luka dan kini dirawat di Rumah Sakit Pusnerbad, Semarang. Sedangkan pesawat latih tersebut hanya mengalami kerusakan kecil di sayap kanan dan kini diupayakan ditarik ke Lanud oleh anggota Pangkalan TNI AL Semarang bekerjasama dengan Lanud dan Angkasa Pura.(dispenal/Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS