My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pertemuan Menteri Kelautan APEC Hasilkan Deklarasi Paracas

13 Oktober
20:30 2010
Pertemuan Menteri Kelautan APEC Hasilkan Deklarasi Paracas

APEC

Jakarta – Pertemuan Menteri Kelautan APEC (Asia-Pasific Economic Cooperation) di Paracas, Peru, menghasilkan Deklarasi Paracas terkait dengan aspek kelautan yang sehat, manajemen perikanan yang berkelanjutan, dan keamanan pangan.

Menurut AntaraNews, Rabu (13/10) malam, menyebutkan, Deklarasi Paracas meliputi agenda aksi yang merujuk pada sejumlah tantangan kunci dan meneguhkan komitmen sebelumnya.

Para menteri kelautan dari negara-negara APEC dalam Deklarasi Paracas menyatakan akan mempromosikan kerja sama agar dapat berkontribusi dalam kawasan APEC dan pemahaman ekosistem kelautan.

Selain itu, mereka juga akan memastikan manajemen berkelanjutan dari lingkungan kelautan dengan mendorong pembangunan kapasitas dan saling membagi informasi untuk melindungi kesehatan manusia, menyediakan keuntungan ekonomi dan sosial, serta berkontribusi kepada keamanan pangan di kawasan APEC.

Deklarasi Paracas juga mendorong APEC untuk mengurangi berbagai sumber di laut dan daratan yang mengakibatkan polusi dan sampah di lautan, saling mengumpulkan dan membagi pengetahuan ilmiah tentang perubahan iklim dan dampaknya terhadap ekosistem pantai dan lautan, perikanan, dan aquakultur.

Deklarasi itu juga menekankan pentingnya negosiasi subsidi bidang perikanan sebagai bagian dari WTO Doha Development Agenda dan mendorong APEC untuk secara aktif berkomitmen kepada hasil yang sukses dan efektif, sejalan dengan mandat Pertemuan WTO Hongkong 2005 untuk memperkuat subsidi sektor perikanan sebagai bagian penting untuk mengurangi kemiskinan, menciptakan lahan pekerjaan, dan keamanan pangan.

Terakhir, Deklarasi Paracas juga mempromosikan manajemen berkelanjutan dari sumber perikanan dan akuakultur baik domestik maupun internasional, melalui aplikasi ilmu manajemen, implementasi pendekatan ekosistem, dan pendekatan yang hati-hati dalam bidang perikanan, dan memastikan telah terdapatnya kapasitas institusional yang memadai.

Menteri Kelautan APEC akan menyampaikan hasil tersebut dalam Pertemuan Menteri APEC tentang Keamanan Pangan di Niigata, Jepang, 16 – 17 Oktober, dan Pertemuan Pemimpin APEC di Yokohama, Jepang, November 2010.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menghadiri Pertemuan Menteri Kelautan Se-Asia Pasifik (APEC Ocean Related Ministerial Meeting) di Paracas, Peru, 11 – 12 Oktober 2010.

Fadel mengemukakan, terdapat empat agenda utama yang akan menjadi komitmen utama para menteri untuk dimasukkan ke dalam Deklarasi Paracas.

Keempat isu itu adalah keamanan pangan khususnya keprihatinan atas kegiatan penangkapan ikan ilegal, perlindungan dan pembangunan lingkungan laut yang berkelanjutan, perdagangan produk kelautan dan perikanan yang berdasarkan pada nilai-nilai keadilan dan kemerataan, serta pengaruh perubahan iklim terhadap laut.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS