My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Persoalan Perbatasan RI-Malaysia Segera Diselesaikan

17 Juni
23:51 2010
Persoalan Perbatasan RI-Malaysia Segera Diselesaikan

Jakarta – Pemerintah Indonesia dan Malaysia berkomitmen menyelesaikan masalah perbatasan wilayah kedua negara dan kerjasama penanggulangan kejahatan lintas batas.

Komitmen itu merupakan salah satu kesepakatan dwipihak antara Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menlu Malaysia Dato Sri Anifah Aman di Gedung Pancasila, Kamis (17/6).

Indonesia dan Malaysia memiliki sejumlah pekerjaan rumah terkait perbatasan antara lain Ambalat, dan kejahatan lintas batas terkait perdagangan kayu ilegal dan penyelundupan manusia.

Anifah Aman mengunjungi Jakarta pada 16-17 Juni untuk menindaklanjuti kesepakatan pertemuan ke-7 Konsultasi Tahunan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Malaysia di Putrajaya pada 18 Mei 2010.

Kedua Menlu membahas pula revitalisasi empat kelompok kerja di bawah payung pertemuan Komisi Bersama untuk Kerjasama Dwipihak pada tingkat Menlu, yakni di bidang politik, keamanan dan perbatasan, ekonomi, sosial-budaya dan ketenagakerjaan.

Kedua Menlu sepakat melaksanakan pertemuan Komisi Bersama pada kuartal keempat tahun 2010 di Malaysia.

Menyangkut bidang ketenagakerjaan, kedua Menlu sepakat merevisi MoU mengenai rekrutmen dan penempatan TKI guna memberikan perlindungan yang lebih baik lagi bagi WNI, khususnya TKI di Malaysia.

Selain itu, dibahas pula tindaklanjut dari upaya Pemerintah RI untuk memastikan ketersediaan pendidikan yang layak bagi anak-anak TKI, khususnya di wilayah Sabah dan pembentukan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Malaysia.

Selain isu bilateral, kedua Menlu juga telah membahas secara khusus masalah di Gaza dan proses perdamaian di Timur Tengah, pasca insiden penyerangan pasukan Israel terhadap relawan kemanusiaan kapal Mavi Marmara.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS