My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Perompak Somalia Bebaskan Kapal Ikan Taiwan

12 Februari
03:34 2010
Perompak Somalia Bebaskan Kapal Ikan Taiwan

Nairobi -Setelah menerima sejumlah uang tebusan, akhirnya perompak Somalia membebaskan kapal ikan Taiwan pada Kamis (11/2).

FV Win Far 161 dibajak April tahun lalu di dekat Seychelles. Ecoterra, organisasi yang bermarkas di Kenya yang mengawasi pelayaran di lepas pantai Somalia, mengatakan kapal itu memiliki 17 anggota awak Filipina, empat Indonesia, empat China dan dua Taiwan di atas kapal itu.

“Sayang sekali tidak semua … (awak) akan dapat bersatu kembali dengan keluarga mereka sejak tiga pelaut (dua warga Indnesia dan satu China) meninggal dalam 10 bulan pengalaman mengerikan itu,” kata Ecoterra dalam sebuah pernyataan.

Mereka mengatakan “uang tebusan yang relatif kecil” telah dibayarkan pada perompak Kamis dini hari, tapi ia tidak memerincinya.

Para awak kapal Win Far 161 itu telah “dibiarkan oleh pemilik kapal dan pemerintah mereka masing-masing dalam keadaan mengerikan, meskipun ada permintaan dari organisasi kemanusiaan untuk sedikitnya memberikan bantuan pangan dan air,” badan pengawasan tersebut menambahkan.

Jumlah serangan perompakan di seluruh dunia meningkat hampir 40 persen tahun lalu, dengan sejumlah pria bersenjata dari negara Tanduk Afrika yang gagal itu bertanggungjawab atas separuh lebih dari 406 insiden yang dilaporkan, menurut Biro Maritim Internasional.

Secara khusus, para perompak Somalia yang bersenjata berat menyandera kapal dan awaknya hingga uang tebusan dibayarkan. (Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS