My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Peringati Hari Bumi, Dubes AS Menyelam Bersama Hiu

18 April
15:00 2009
Peringati Hari Bumi, Dubes AS Menyelam Bersama Hiu

Jakarta – Duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Cameron R Hume menyelam bersama sejumlah hiu di akuarium raksasa Sea World Indonesia, Ancol, Jakarta, Sabtu (18/4), dalam rangka memperingati Hari Bumi 22 April mendatang.

Dubes AS menyelam setelah memberikan penjelasan di hadapan sedikitnya 100 anak-anak sekolah di Jakarta mengenai arti penting untuk menjaga ekosistem bawah laut dunia.

“Bulan depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit di Manado. AS dan Indonesia akan bekerja sama untuk memastikan bahwa kekayaan keragaman Indonesia dapat diwariskan untuk generasi mendatang,” kata Hume kepada Antara.

Pemerintah AS mendukung program CTI (kawasan segitiga terumbu karang) dengan memberikan komitmen bantuan dana sebesar 40 juta dolar AS, untuk melaksanakan program lima tahun perbaikan manajemen sumberdaya kelautan di kawasan.

Kehadiran Dubes AS di Sea World Indonesia dalam rangka memperingati Hari Bumi adalah untuk meningkatkan kepedulian anak-anak pada lingkungan laut mengingat dua pertiga bagian bumi adalah berupa lautan. Selama ini secara tradisional Hari Bumi selalu hanya dikaitkan dengan upaya konservasi hutan dan daratan.

Seiring dengan upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Kelautan Sedunia (WOC) di Manado pada 11-15 Mei 2009 maka kedutaan besar AS di Indonesia berusaha menarik perhatian sejumlah pihak pada kekayaan dan keunikan sumber daya bawah laut Indonesia.

Hume yang mengaku telah beberapa kali menyelam tampak tidak canggung menyelam dalam aquarium raksasa yang berisi lebih dari 20 hiu tersebut. Dengan ditemani seorang penyelam, Hume memberi makan hiu-hiu tersebut dari balik sangkar baja yang melindunginya dari kemungkinan serangan hiu.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS