My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Perayaan HUT TNI di Spanyol Digelar di Dek Korvet KRI

29 Oktober
09:00 2008
Perayaan HUT TNI di Spanyol Digelar di Dek Korvet KRI

Bintang Gerilja – indosmarin.com

London – Hari jadi TNI ke-63 dirayakan di dek korvet kelas SIGMA KRI Sultan Iskandar Muda yang sedang berlabuh di Pelabuhan Cadiz, Spanyol. KRI Sultan Iskandar Muda produksi galangan kapal Schelde, Belanda, sedang dalam perjalanan menuju pangkalan Armada Timur Surabaya, demikian jurubicara KBRI Madrid, Allen Simarmata, dalam keterangannya yang diterima koresponden Antara London, Rabu (29/10)

Geladak kapal yang luas dijadikan tempat acara resepsi perayaan dihadiri sekitar 120 undangan, termasuk tiga jenderal Spanyol. Atase Pertahanan KBRI Madrid, Kol. Wahyu Agung Prayitno, merasa sangat berbahagia dapat merayakan hari jadi TNI di KRI Sultan Iskandar Muda, yang sedang sandar di Pelabuhan Cadiz, dari galangan pembuatan di Vlissingen, Belanda. Dikatakannya perayaan Ultah TNI di kapal KRI Sultan Iskandar Muda memiliki makna tersendiri, dalam upaya memperkenalkan TNI secara dekat kepada semua kalangan di Spanyol.

Kemeriahan perayaan Ultah ini semakin lengkap dengan hadirnya tiga jenderal Spanyol, salah satu diantaranya mantan Komandan Kapal induk Spanyol “Galicia”, Laksamana Antonio Hernandez Palacio, yang pernah menjalankan misi kemanusiaan di Aceh.

Resepsi syukuran sandarnya KRI Sultan Iskandar Muda di Cadiz, sekaligus perayaan hari jadi TNI di geladak kapal KRI Sultan Iskandar Muda dimeriahkan kesenian berupa tarian yang dibawakan penari binaan KBRI, dengan menampilkan aneka tarian Indonesia, seperti Tari Rantak, Tari Piring, Tari Baris,  Tari Cendrawasih serta Tari Lenso.

Sementara itu, Kuasa Usaha ad interim KBRI Madrid, O`Conroy Doloksaribu menyampaikan apresiasi atas hubungan baik antara Indonesia dan Spanyol, khususnya di bidang pertahanan dan militer. Dipilihnya pelabuhan Spanyol sebagai tempat sandar kapal KRI Sultan Iskandar Muda dari Belanda ke Indonesia, merupakan salah satu refleksi nyata hubungan kedua negara, kata O`Conroy Doloksaribu, yang sebelumnya menyambut sandarnya kapal tersebut.

Sementara itu, Komandan kapal Letkol Ariyanto Condro Wibowo menyampaikan bahwa KRI Sultan Iskandar Muda, dengan nomor lambung 367 merupakan kapal ketiga dari korvet kelas SIGMA yang dibuat galangan kapal Schelde, Vlissingen, Belanda (Damen Schelde Naval Shipbuilding).

Kapal dengan 78 awak bertolka dari galangan Vlissingen pada 19 Oktober, dan sandar di Pelabuhan Cadiz, selanjutnya berlayar menuju Pangkalan Armatim Surabaya. Diperkirakan kapal ini akan tiba di Surabaya, pada 3 Desember. Dua kapal serupa yang sudah memperkuat TNI AL adalah KRI Diponegoro dan KRI Sultan Hasanuddin, kata Letkol Ariyanto Condro Wibowo.

Selain pejabat militer setempat, dalam perayaan HUT TNI ke 63 di Spanyol dihadiri pula Wakil Walikota Cadiz, wakil masyarakat Indonesia yang tinggal di Cadiz, staf KBRI dan friends of Indonesia. Selesai acara tarian, para undangan disuguhkan aneka hidangan Indonesia, seperti nasi goreng dan mie goreng serta makanan kue-kue. Para undangan diajak mengunjungi ruangan kapal untuk melihat fasilitas yang dimiliki kapal. Perayaan HUT TNI ke 63 di Spanyol di kapal KRI Sultan Iskandar Muda semakin meriah saat undangan diajak menari Tari Lenso dan Poco Poco.(*)

sumber foto: www.alutsista.blogspot.com

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS