My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Penyu Bertelur di Kuta, Menetas di Sanur

04 Agustus
03:15 2008
Penyu Bertelur di Kuta, Menetas di Sanur

penyu lekang bertelur di Kuta

Gentry Amalo – indosmarin.com

Kuta – Sabtu malam (02/08) pukul 23.30 wita, pengunjung Pantai Kuta – Bali, dikejutkan dengan kehadiran seekor penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) yang hendak bertelur. Penyu betina berukuran panjang sekitar 45 sentimeter ini menggali lobang sarangnya tepat di depan kantor Balawista Pantai Kuta.

Petugas Satgas Pantai Kuta yang mengetahui kehadiran penyu ini kemudian memberikan instruksi kepada para pengunjung untuk menjaga jarak agar tidak mengganggu proses bertelur penyu betina ini.

Lebih dari Empat puluh lima menit, para wisatawan yang sedang menikmati panorama pantai kuta di malam hari ini, disuguhi tontonan bertelurnya sang penyu yang umumnya hanya bertelur di alam bebas dan jauh dari aktifitas manusia. Usai bertelur, penyu betina ini kemudian menimbun lobang sarangnya dan kembali menuju laut lepas.

Petugas satgas Pantai Kuta, kemudian menggali kembali dan memindahkan telur-telur penyu ini ke bak penangkaran penyu yang terletak di samping kantor satgas. Bersama beberapa aktifis Pro-Fauna Bali, Petugas Satgas Pantai Kuta mengerjakan pemindahan telur yang jumlahnya mencapai 102 butir ini.

Sementara, sebelumnya di Pantai Segara – Sanur di akhir Juli lalu sedikitnya 150 ekor tukik (anak penyu) menetas. Komang Sumadi, pemilik Kafe Spirit di Pantai Segara yang membantu mengevakuasi ratusan tukik ini, mengaku sangat senang bisa menyaksikan proses menetasnya tukik-tukik ini. “Banyak wisatawan asing yang ikut menyaksikan proses menetasnya tukik-tukik ini, bahkan mereka mengatakan hal ini sebagai sebuah keajaiban,” ujar Sumadi(*)

foto: profauna bali

1 Komentar

  1. Agus jatmiko
    Agus jatmiko Agustus 05, 20:01

    Halllo Bali,
    Waah jadi pengen ke Kuta nich, soalnya tahun kemaren saya juga melihat penyu bertelur di depan Mc D,popies, waduuuch bagus banget Kuta yang kotanya 24 jam masih ada penyu bertelur, mantap dech, salut ama Satgas Pantai Kuta dan ProFauna, thank

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS