My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Penyelundupan Kuda Laut ke Hong Kong Digagalkan

14 April
16:54 2009
Penyelundupan Kuda Laut ke Hong Kong Digagalkan

Tangerang – Penyelundupan satu koli kuda laut (Hippocampus coronatus) yang sudah dikeringkan dari Jakarta menggunakan penerbangan menuju Hong Kong digagalkan petugas Bea dan Cukai (BC) Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Seperti yang diberitakan Antara, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Eko Darmanto di Tangerang, Selasa (14/4), mengatakan penyelundupan itu terbongkar setelah petugas curiga dengan satu paket tujuan Hong Kong.

“Setelah diselidiki dan diperiksa, paket satu koli itu merupakan kuda laut yang dilindungi Undang-Undang serta dilarang diekspor,” katanya.

Menurut Eko Darmanto, kuda laut termasuk dalam kategori barang yang dilindungi sesuai UU No.5 Tahun 1992 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Pelaku dapat diancam hukuman pidana penjara minimal satu tahun kurungan dan maksimal lima tahun serta denda Rp.5 juta antara dan Rp.100 juta.

Darmanto tidak bersedia menyebutkan nama pelaku penyelundupan tersebut dengan alasan masih dalam penyidikan petugas.

Selanjutnya Eko Darmanto menyebutkan bahwa kuda laut itu berasal dari Batam, Kepulauan Riau dan akan dikirim ke Hong Kong melalui Bandara Soekarno-Hatta. Eko Darmanto juga mengatakan bahwa perkiraan nilai tukar kuda laut berdasarkan harga pasar di luar negeri dengan total mencapai 15.000 dolar AS.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS