My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Penyandang Cacat Kibarkan Merah Putih di Laut Sanur

17 Agustus
15:34 2008
Penyandang Cacat Kibarkan Merah Putih di Laut Sanur

Gentry Amalo – indosmarin.com

Sanur – Peringatan 17 Agustus 1945 dilakukan secara sederhana oleh Kelompok Jurnalis Laut (KJL). Bekerjasama dengan Yayasan Senang Hati, BIDP, Ena Dive, Gahawisri, dan Yayasan Kanaivasu, KJL melakukan pengibaran bendera bawah air untuk ketujuh kalinya.

Berbeda dengan kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut kali ini, melibatkan pemuda-pemudi penyandang cacat fisik sebagai pasukan pengibar bendera (paskibra).

Keenam penyandang cacat ini masing-masing Made Aris da Costa (28), Komang Astawa (27), Ni Wayan ”Anjeli“ Parwati (27), Wayan Sugianto (27), Ida Ayu Wiadnyana Manuaba (26), dan Kadek Ratmi (14). Keenam penyelam ini merupakan anak asuh Yayasan Senang Hati – Tampaksiring, Gianyar.

“Sebelumnya ada tujuh orang yang mau ikut, tapi yang satu mendadak sakit,” ujar Made Aris, salah seorang penyelam penyandang cacat yang bertugas sebagai pengibar bendera Merah Putih. Untuk melakukan tugas mulia ini, Aris dan kawan-kawannya, telah berlatih selama sebulan lebih.

Menurut pemuda yang lahir di Viqueque – Timor Leste ini, aktivitas ini adalah sebuah kebanggaan bagi mereka, karena sebagai penyandang cacat fisik, mereka belum pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya. Kerasnya arus membuat partikel pasir berhamburan dari dasar laut. Namun kondisi ini tidak mengurangi hikmatnya upacara pengibaran bendera bawah laut(*)

Bertindak sebagai komandan upacara pengibaran bendera bawah laut tahun ini adalah Made Iwan Dewantama. Dengan aba-aba khusus, bendera pun dikibarkan para paskibra penyandang cacat ini. Dan saat bendera dikibarkan, seluruh peserta upacara menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya didalam hati.

foto by Jaka Umbara – BIPD

1 Komentar

  1. anton
    anton Agustus 19, 14:14

    keren, gen. selamat. kapan2 ajak BBC nyelam rame2. hehe..

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS