My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Penyandang Cacat Bisa Menyelam!!!

11 Agustus
00:07 2008
Penyandang Cacat Bisa Menyelam!!!

Gentry Amalo – indosmarin.com

Sanur – Olah raga menyelam, saat ini tidak hanya digemari kaum menengah keatas atau orang-orang yang memiliki kondisi fisik yang sempurna. Di Bali, para penyandang cacat fisik pun mulai mengandrunginya.

Setiap akhir pekan, para penyandang cacat fisik ini berlatih di kolam renang. Mereka dilatih oleh instruktur selam yang telah memiliki sertifikasi khusus menangani para penyandang cacat.

Latihan yang terjadwal setiap minggunya ini, diawali dengan melakukan pengenalan jenis dan fungsi berbagai peralatan selam. Adapun pengenalan alat ini dilakukan agar para penyandang cacat fisik ini dapat mengerti letak dan fungsi perlengkapan selam yang akan mereka gunakan.

Tidak hanya cukup memahami fungsi dari setiap peralatan yang akan mereka gunakan, tetapi para penyandang cacat fisik inipun dituntut untuk langsung mempraktekan penggunaan peralatan selam ini di kolam renang.

Semula, mereka terlihat canggung saat mengenakan berbagai peralataan ini. Tetapi keinginan yang kuat untuk dapat menyelam membuat para penyandang cacat ini dengan cepat dapat menyesuaikan diri. Tidak lama kemudian mereka pun mulai mencoba secara bergantian berbagai peralatan selam ini. Mulai dari masker, BCD dan tangki udara-nya.

Keterbatasan fisik, ternyata membuat para penyandang cacat ini justru lebih percaya diri untuk kembali mencoba dan berlatih terus, hingga mereka merasa nyaman menggunakan berbagai peralatan selam ini.

Adalah Bali International Diving Professionals (BIDP) sebuah operator selam yang mencoba mempelopori pengenalan selam bagi para penyandang cacat fisik di Bali. Bekerjasama dengan Yayasan Senang Hati, BIDP memulai program ini sejak Februari lalu. Nah, jika diantara anda memiliki kerabat atau teman yang memiliki keterbatasan fisik dan ingin menyelam, silahkan langsung menghubungi BIDP di situs: http://www.bidp-balidiving.com, selamat mencoba(*)

foto: para penyandang cacat fisik sedang mencoba peralatan selam di kolam renang.

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS