My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Penumpang KM Kirana II Tewas Tercebur ke Laut

12 Agustus
20:52 2011
Penumpang KM Kirana II Tewas Tercebur ke Laut

Jenasah

Surabaya – Seorang pemudik yang juga penumpang KM Kirana II tewas tercebur laut di perairan Laut Jawa karena diduga terjatuh dari atas dek kapal.

“Saya sempat melihat korban tidur-tiduran di pinggir dek kapal bagian belakang. Tapi kok tiba-tiba dia membalikkan badan dan tercebur. Saat itu penumpang lainnya sedang antre makanan,” kata salah seorang penumpang, Ishak, ketika ditemui di Gapura Surya, Tanjung Perak, Jumat (12/8).

Korban bernama Sudarsono (35), asal Dusun Karangwuni RT 001/RW 009, Desa Sendangharjo, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, Jawa Tengah. Ia tercebur pada Kamis (11/8) sore ketika kapal berada di perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Perak.

Informasinya, KM Kirana II yang berdaya penumpang 1500 orang itu Balikpapan dan transit di Batulicin, Kalimantan Selatan, Rabu (10/8).

Sebelum kejadian, diduga korban berpisah dengan enam orang yang termasuk dalam rombongannya yang sedang antre makanan.

Lantaran melihat antrian berdesakan, korban memilih mengalah dan santai di pinggir dek bagian kapal.

Tiba-tiba, tanpa disadari korban yang hendak membalikkan tubuhnya langsung “terjun bebas” ke laut. Beberapa penumpang lainnya berteriak minta tolong mengetahui tubuh korban dihempas air laut.

Begitu ditindaklanjuti ke bagian anjungan kapal yang dinahkodai Kapten Mardjoko lalu memutar arah haluan kapal dan kembali ke titik dimana korban terjatuh.

Dua kru langsung terjun ke laut menggunakan pelampung. Evakuasi pun berlangsung dramatis. Bagian tubuh korban yang diikat tali sempat terlepas hingga membuat kru kapal harus mempelajari arus laut yang mengombang-ambingkan korban.

Sekitar 30 menitan, akhirnya korban bisa dievakuasi ke kapal dan langsung dilakukan perawatan medis. Tapi ajal berbicara lain, upaya petugas untuk menyelamatkan korban sia-sia setelah diketahui korban sudah tak bernyawa.

Dengan membawa jenazah korban, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Tanjung Perak.

Sementara itu, Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama Perak Timur, Donie Surya mengatakan pihaknya akan membiayai semua urusan korban mulai dari rumah sakit hingga rumah duka.

“Kami akan memberikan bantuan secara menyeluruh terhadap korban yang mengalami musibah. Nantinya juga diberikan asuransi jasa raharja,” jelasnya.

Pihaknya juga menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian untuk menindaklanjuti kasus ini dan memastikan penyebab kematian korban.

Korban dibawa ke kamar jenazah RSU dr Soetomo, Surabaya, untuk dilakukan visum dan hasilnya sebagai bahan kepolisian memastikan penyebabnya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS