My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pengawasan Perairan Papua Harus Lebih Ditingkatkan

11 Januari
23:48 2009
Pengawasan Perairan Papua Harus Lebih Ditingkatkan

Hari suroto – Indosmarin.com
Jayapura
РWakil Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Marthinus  Ayomi, S.H. mengatakan untuk menjaga kelestarian laut dan kekayaan yang terkandung didalamnya, pengawasan laut harus ditingkatkan sehingga manfaat sumber daya yang terkandung didalamnya juga dapat dinikmati generasi berikutnya.
Peningkatan pengawasan laut menurutnya tidak hanya dapat menjaga sumberdaya terkandung, namun juga memberikan dampak rasa aman kepada masyarakat terutama investor-investor yang akan menanamkan modalnya berkaitan maupun tidak terkait dengan laut.
Dikatakan, dalam satu fungsi Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua juga mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kelestarian laut terutama di daerah perairan Papua.
Kendati begitu, untuk mengoptimalkan pengawasan laut di daerah Papua, dukungan lintas sektoral dari instansi-instansi teknis pemerintah lainnya, apalagi banyak instansi yang terkait dengan pengawasan dan pelestarian laut. “Masalah laut menjadi tanggungjawab bersama terutama instansi-instansi terkait,” jelas Ayomi.
Diungkapkan, sejauh ini ego masing-masing instansi lintas sektoral berkaitan dengan pengawasan laut masih cukup tinggi sehingga kerap kali membuat pengawasan laut tidak berjalan efektif. “Harus ada komitmen kuat masing-masing instansi dalam mendorong pengawasan laut agar lebih efektif dan efisien tanpa ego sektoral,” pungkasnya (*)

1 Komentar

  1. patricio.n
    patricio.n Mei 10, 09:44

    perketat patroli rutin diskanla papua,saya 2 tahun di pasifik dan banyak sekali ilegal fishing vesel yang beroperasi di pasifik ( zona tradisional) papua bukan zee…saat saya disana kurang lebih 8 armada ////satu armada 8 – 16 kapal dan mereka transfer di laut per 3 hari termasuk kami ( SAL FISHING ) 16.000 TON TUNA PER TRANSFER bukan jumlah yang sdikit….

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS