My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pengambilan Batu dan Pasir Laut Kian Marak di Gianyar

23 Juni
00:20 2008

Bintang Gerilja – Indosmarin.com

Gianyar – Akibat tidak adanya peraturan daerah (Perda) yang mengatur pengelolaan kawasan pesisir, pengambilan batu dan pasir laut menjadi kian marak di Kabupaten Gianyar, Bali. Namun dalam proses ini Pemerintah Kab. Gianyar tidak dapat melarang para penggali batu dan pasir laut. Demikian disampaikan Kabag Hukum Setda Gianyar, A.A. Dalem Jagadhita seperti yang dilansir Bali Post.

Menurut Jagadhita, selama ini memang ada perda yang mengatur soal galian C, hanya saja dalam perda tersebut tidak disebutkan secara jelas mengenai lokasi, khususnya terkait pengelolaan kawasan pesisir. Sementara disisi lain, proses pengambilan batu dan pasir laut ini telah menjadi sumber mata pencaharian warga setempat. Akibat ketidakjelasan ini, pemerintah kabupaten Gianyar belum dapat bertindak tegas atas proses pengambilan batu dan pasir laut yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan pesisir. Pemda Gianyar dalam hal ini, baru bisa sebatas melakukan penarikan pajak untuk pendapatan daerah.

Selanjutnya Jagadhita mengakui bahwa memang diperlukan sebuah peraturan yang mengatur secara jelas soal pengelolaan kawasan pesisir, agar dikemudian hari tidak menimbulkan kerusakan lingkungan yang begitu parah(*)

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS