My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Penerjun Yontaifib-1 Lakukan Gladi “Sail Tomini 2015”

 Breaking News
16 September
15:30 2015
Penerjun Yontaifib-1 Lakukan Gladi “Sail Tomini 2015”

Surabaya – Para peterjun dari Batalyon Intai Amfibi-1 Korps Marinir TNI Angkatan Laut melakukan gladi parsial menjelang “Sail Tomini 2015” di pantai Pangi, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Dinas Penerangan Korps Marinir dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Surabaya, Rabu, menyebutkan puncak acara Sail Tomini 2015 dilaksanakan di Pantai Pangi pada 19 September dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden Joko Widodo.

Oleh karena itu, gladi parsial itu dilaksanakan para peterjun yang dipimpin Mayor Marinir Rivelson Saragih dengan atraksi terjun payung free fall di Pantai Pangi pada Selasa (15/9) lalu.

Pasukan peterjun berhasil mendarat tepat di titik yang sudah ditentukan dalam skenario. Para peterjun terbagi dalam tiga DZ (Dropping Zone), yakni terjun RDO dan DZ di

KRI Surabaya-591, terjun DZ di atas ponton, dan terjun DZ tepat di depan tenda undangan VVIP.
Diantara para penerjun tersebut ada dua penerjun yang mengenakan pakaian adat Sulawesi Tengah dan tiga penerjun dengan membawa banner bertuliskan “Sail Tomini 2015”, banner TNI Angkatan Laut, serta bendera Merah Putih.

Sail Tomini 2015 merupakan kegiatan internasional yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah, terutama melalui sektor pariwisata bahari dengan tema “Mutiara Khatulistiwa Untuk Kehidupan Masa Depan”.

Secara terpisah, Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman mengatakan TNI Angkatan laut dalam mendukung program Pariwisata dan Budaya “Sail Tomini 2015” itu dengan menggerakkan 27 unsur kapal perang dari berbagai tipe yakni 26 KRI Koarmatim dan satu KRI Kolinlamil.

“Dengan membawa 2.077 personel Satgas, Rantis, Ranpur dan Helly Bell pendukung, Satuan Gugus Tugas (GT) Sail Tomini 2015 juga menggerakkan unsur pesud Cassa dan CN-235 dari Puspenerbal dan unsur personel pasukan Katak dan Marinir,” katanya.

Menurut dia, pergerakan ribuan personel dengan puluhan kapal perang itu ditandai dengan upacara militer jajar kehormatan oleh Pangarmatim Laksda TNI Darwanto di Dermaga Madura, Surabaya pada 12 September lalu.

Dalam GT “Sail Tomini 2015” itu, KRI Surabaya 591 dari jajaran Satfib Koarmatim menjadi kapal markas GT “Sail Tomini 2015” di bawah Komandan KRI Letkol laut (P) Wawan Trisatya Atmaja.

KRI jenis LPD itu bertolak dari pangkalan Armatim Surabaya menuju peraiaran Teluk Tomini dengan membawa 272 personel Gugus Tugas, serta 153 ABK, dua buah heli Bell, 13 buah Mobil, tiga buah truk, sebuah bus, empat buah tank BMP 3 F, dua buah LVT 7, lima buah rhib Sea Reader dan sebuah ponton, serta fasilitas perlengkapan pendukung. (AntaraNews.com)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS