My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Penerbal Segera Diperkuat CN-235 dan Casa 212- 400

03 September
19:36 2008
Penerbal Segera Diperkuat CN-235 dan Casa 212- 400

Gentry Amalo – indosmarin.com

Jakarta – Dalam satu hingga dua tahun mendatang Penerbal TNI-AL akan segera diperkuat dua buah pesawat  patroli  pantai jenis CN 235 – MPA dan sebuah pesawat angkut ringan jenis NC- 212 Aviocar seri 400. Penambahan alat utama sistem persenjataan TNI-AL ini merupakan hasil kerjasama pengadaan alutsista matra laut antara TNI-AL dan PT Dirgantara Indonesia, yang ditandatangani di Mabes TNI-AL Cilangkap, Jakarta Timur (3/9)

Usai menandatangani nota kerjasama tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Tedjo Edhy Purdijatno, mengatakan bahwa kesepakatan kerjasama ini dalam rangka pemanfaatan, penelitian dan pengembangan sumber daya bidang teknologi pertahanan matra laut yang dilakukan bersama PT DI.

Dalam sambutannya Tedjo Edhi, mengatakan bahwa kesepakatan kerjasama yang berlaku selama lima tahun ini merupakan perpanjangan dari kesepakatan bersama yang sudah ada selama ini, terkait memperkuat kekuatan udara TNI-AL serta memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak dalam meningkatkan kemampuan, kekuatan dan kesiapan alat utama sistem persenjataan (alutsista) secara maksimalkan hasil produksi dalam negeri.

Menurut Kasal, perpanjangan kesepakatan bersama ini pada hakikatnya merupakan momentum penting, karena TNI AL pada awalnya sudah berkomitmen dalam melaksanakan transfer teknologi pada setiap pengadaan alutsista agar bangsa ini dapat mencapai kemandirian nasional. “Kita akan berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan dari TNI AL secara proporsional dan profesional sehingga benar-benar dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AL,” ujar Tedjo Edhi.

Selain dengan TNI AL, PTDI juga sudah melakukan kerja sama pengadaan alutsista dengan TNI AU melalui pengadaan Helikopter Superpuma dan Pesawat CN 235 MPA (Maritime Patrol Aircraft). Sedangkan dengan TNI AD, PTDI juga telah mengadakan kerja sama untuk pengadaan pesawat angkut ringan(*)

sumber foto: masbagus.wordpress.com

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS