My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pencarian Imigran Gelap Masih Terus Berlangsung

30 Agustus
09:39 2012

SAR

Canberra – Enam pencari suaka berhasil diselamatkan dari perairan Selat Sunda, Kamis (30/8) dini hari. Mereka diduga merupakan penumpang kapal bermuatan 150 imigran yang tenggelam di Selat Sunda.

Pencarian berawal setelah otoritas Australia menerima permintaan pertolongan melalui telepon satelit dari seseorang yang mengaku berada di atas kapal. Ia mengatakan kapal membawa 150 penumpang dan mesin kapal rusak.

“Saat itu posisi kapal berada sembilan kilometer dari Pulau Jawa,” kata juru bicara Otoritas Keamanan Maritim Australia (AMSA), Jo Meehan.

Badan SAR Nasional (Basarnas), Rabu (29/8), mengatakan pada BBC bahwa pencarian Basarnas dari laut dan udara tidak menemukan apa-apa sehingga armada pun ditarik.

“Operasi pencarian dan penyelamatan akan dilanjutkan dengan fokus menemukan penumpang selamat,” kata AMSA dalam sebuah pernyataan.

Kantor berita Associated Press mengatakan awak kapal APL Bahrain, salah satu kapal yang turut melakukan pencarian bersama Otoritas Keamanan Maritim Australia, melihat keenam orang penumpang tersebut terapung di perairan sekitar 75 km barat daya Pulau Jawa.

Mereka mengaku sudah terapung selama 24 jam.

Menteri Dalam Negeri Australia Jason Clare mengatakan jumlah penumpang yang hilang belum bisa dikonfirmasi.

“Kami khawatir jumlahnya bisa jadi lebih banyak, Jangan mengecilkan betapa sulitnya tugas ini, jangan mengecilkan betapa luasnya lautan yang kami arungi untuk mencari mereka.” ujar Jason Clare.(BBC/Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS