My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pemprov Bali Didorong Susun Perda Perlindungan Nelayan

17 Oktober
08:25 2013
Pemprov Bali Didorong Susun Perda Perlindungan Nelayan

Denpasar – Pemerintah Provinsi Bali didorong untuk menyusun peraturan daerah (perda) perlindungan nelayan. Perda perlindungan nelayan tersebut diperlukan sebagai bentuk pengakuan terhadap hak ulayat nelayan terhadap kedaulatan wilayah laut.

Manager Program Jejaringan Kawasan Konservasi Perairan, Conservation International (CI) Indonesia I Made Iwan Dewantama menyampaikan perda perlindungan nelayan diperlukan karena nelayan merupakan bagian dari komponen sosial, seperti halnya petani dengan Subaknya. Perda perlindungan nelayan nantinya juga akan menjadi aturan yang melindungi nelayan dari perkembangan pariwisata.

“Karena di Bali, nelayan itu juga bagian dari komponen sosial, ada Pura Segara kalau yang di Bali, Pura yang mengatur wilayah perairan, kita mencoba mengangkat itu dalam konteks kebijakan sehingga nelayan itu yang sekarang ini tersisih, jangankan di laut di pinggir saja menaruh jukung sudah susah, karena banyak infrastruktur pariwisata di pantai” jelas I Made Iwan Dewantama, Rabu (16/10).

I Made Iwan Dewantama menambahkan perda perlindungan nelayan sangat penting dalam menuju visi bersama kelautan Indonesia 2025. Dimana laut dan nelayan tidak terpisahkan dan menjadi satu kesatuan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat pesisir.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *