My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pemkot Denpasar Datangkan 500 Ekor Tukik dari Banyuwangi

13 November
21:06 2009
Pemkot Denpasar Datangkan 500 Ekor Tukik dari Banyuwangi

img_0447Denpasar – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menargetkan segera mengembalikan citra Pulau Serangan sebagai pulau penyu atau Turtle Island. Hal ini juga terkait rencana Pemkot Denpasar untuk menjadikan Pulau Serangan sebagai salah satu kawasan wisata bahari.

Demikian disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Denpasar, Anak Agung Sudarsana, saat ditemui Indosmarin.com di Pulau Serangan, Jum’at (13/11) siang.

Menurut Sudarsana, sebagai salah satu upaya mengembalikan Pulau Serangan sebagai pulau penyu yakni dengan melakukan konservasi penyu di pulau ini.

Sebagai langkah awal yakni dengan cara mendatangkan sekitar 500 tukik atau anak penyu jenis penyu hijau dari Banyuwangi guna menambah keragaman penyu di pulau tersebut.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga sedang merancang upaya merehabilitasi habitat penyu di Pulau serangan yang sebelumnya mengalami kerusakan akibat proyek reklamasi pantai.

“Secara bertahap kita sudah melakukan rehabilitasi, sehingga populasi penyu kembali normal di pulau ini, kita juga berharap adanya swadaya masyarakat” papar Anak Agung Sudarsana.

Berdasarkan data Kantor Sumber Daya Alam (KSDA) Kota Denpasar, populasi penyu di Pulau Serangan diperkirakan hanya sekitar 200 ekor penyu. Padahal pada tahun 1970-an populasi penyu di kawasan Pulau Serangan mencapai jutaan ekor sehingga pulau tersebut diberi julukan turtle Island.(Mul)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS