My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pemkot Bitung Imbau Putra Daerah Kembangkan Potensi Kelautan

22 Juli
07:37 2011
Pemkot Bitung Imbau Putra Daerah Kembangkan Potensi Kelautan

Pemerintah Kota Bitung

Bitung – Pemerintah Kota Bitung mengimbau putra-putri daerah Bitung untuk mengembangkan potensi kelautan, melalui Akademi Perikanan Bitung (APB). Imbauan ini disampaikan mengingat Kota Bitung memiliki batas wilayah laut yang cukup luas.

“Dari 90 wisudawan Akademi Perikanan Bitung, ternyata putra-putri yang berasal dari Kota Bitung sendiri sangat minim, sehingga untuk mencapai kesepahaman tersebut, harus dilandasi dengan keinginan,” ujar Maximilian J Lomban, Wakil Walikota Bitung, Kamis (21/7).

Untuk itu, Lomban menghimbau agar putra -putri Bitung bahkan Sulawesi Utara pada umumnya, untuk mengambil peran dalam sekolah Perikanan yang satu-satunya ada di Sulut.

“Akademi ini memiliki lulusan dari segala penjuru Indonesia, karena akademi Perikanan di Indonesia hanya tiga, salah satunya di Kota Bitung, sehingga untuk memberdayakan Sumber daya Manusia lokal Kota Bitung yang merupakan tuan rumah, dihimbau agar mau berkarya lewat pendidikan berbasis Kelautan,” ajak Lomban.

Banyak yang harus dikembangkan di Kota Bitung melalui sumber daya manusia-nya, salah satu yaitu pengembangan potensi kelautan atas dasar teknologi.

“Kedepan dengan hadirnya para lulusan akademi perikanan, mampu memecahkan segala permasalahan yang terjadi di dalam dunia kelautan,” kata Lomban.

Sementara itu, Pembantu Rektor I Bidang Akademik Akademi Perikanan Bitung, Rahman Simanjuntak terkait perekrutan mahasiswa, untuk dapat mengambil kesempatan dalam pendidikan perikanan.

“Sebenarnya dalam perekrutan Mahasiswa Akademi perikanan ini, hanya mempunyai kuota 90 mahasiswa, namun kedepan akan ditingkatkan menjadi dua kali lipat,” ujar Simanjuntak.

Dikatakannya, untuk tahapan pengakomodiran mahasiswa ini pun tidak akan dipungut biaya, sebab telah ada bantuan dari Kementrian Perikanan.

“Pendidikan ini lebih menfokuskan masyarakat kurang mampu dan itu akan dilihat dari keberadaan orang tua serta yang bersangkutan adalah benar lulusan SLTA yang mau belajar,” katanya.

Selain bantuan pendidikan gratis dari kementrian Perikanan dan kelautan, pendidikan Akademi Perikanan Bitung pun memiliki bantuan berupa beasiswa, salah satunya adalah Beasiswa Supersemar.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *