My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pemerintah RI, Sesalkan Ujicoba Rudal Balistik Korut

 Breaking News
14 Februari
14:48 2017
Pemerintah RI, Sesalkan Ujicoba Rudal Balistik Korut

Jakarta – Pemerintah Indonesia menyesalkan uji coba peluncuran rudal yang dilakukan Korea Utara pada Minggu (12/2), dan menganggapnya sebagai tindakan yang dapat mengganggu stabilitas dan perdamaian kawasan dan global.

“Indonesia sangat menyesalkan uji coba peluncuran rudal Korea Utara pada tanggal 12 Februari lalu yang tidak sejalan dengan semangat untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan dan di tingkat global,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir saat ditemui ANTARA di Gedung Nusantara II DPR di Jakarta, Selasa.

Korea Utara pada Senin (13/2) menyatakan berhasil menguji rudal balistik jarak menengah-jauh. Kantor berita Korea Utara KCNA mewartakan pemimpin negara itu, Kim Jong-un, mengawasi uji tembak rudal Pukguksong-2 yang disebut memiliki kemampuan mengangkut hulu ledak nuklir.

Pemerintah Indonesia menekankan bahwa uji coba rudal Korea Utara tersebut bertentangan dengan kewajiban Korea Utara terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), khususnya Resolusi 2270 tahun 2016 dan Resolusi 2331 tahun 2016.

Indonesia mendesak Korea Utara untuk memenuhi kewajiban internasionalnya, termasuk melaksanakan resolusi PBB.

Pemerintah Indonesia juga mengimbau semua pihak menahan diri dari tindakan yang dapat memunculkan ketegangan di kawasan.

“Indonesia juga mengimbau untuk segera diaktifkan kembali pembicaraan enam pihak guna memastikan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” ujar Arrmanatha.

Pembicaraan enam pihak adalah serangkaian pertemuan yang dilakukan untuk menemukan solusi damai bagi masalah keamanan yang timbul akibat program senjata nuklir Korea Utara. Enam negara yang terlibat dalam pembicaraan itu adalah Korea Utara, Korea Selatan, Amerika Serikat, Rusia, China, Jepang.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *