My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pemerintah Diimbau Perhatikan Dampak Perubahan Iklim

30 Mei
21:38 2009
Pemerintah Diimbau Perhatikan Dampak Perubahan Iklim

logo-globalwarmingJakarta – Kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim yang terbukti dengan tergenangnya pintu masuk Tanjung Mas pada Jumat (29/5) lalu seharusnya menjadi perhatian serius pemerintah.

Hal itu disampaikan dosen ITB Djoko Suroso dalam seminar bertajuk “Mainstreaming Perubahan Iklim ke Dalam Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah” di Jakarta, Sabtu (30/5).

“Tidak pernah itu air tergenang masuk satu kilometer dari garis pantai,” katanya.

Menurutnya, pemerintah harus memperhatikan unsur kajian perubahan iklim berdasarkan penelitian untuk membuat perencanaan pembangunan.

“Supaya tidak terjadi kesalahan pembangunan, yang dimaksudkan untuk berjangka panjang ternyata hanya untuk jangka pendek,” katanya.

Dalam seminar tersebut dosen program studi perencanaan wilayah dan kota itu memaparkan studi kerentanan dan adaptasi yang dilakukan oleh timnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tim tersebut mengidentifikasi sektor dan infrastruktur penting rentan terhadap perubahan iklim kemudian menganalisa ancaman perubahan iklim seperti kenaikan suhu, curah hujan, iklim ekstrim dan permukaan air laut.

Kelompok ahli tersebut merumuskan strategi adaptasi berdasarkan risiko dan mengintegrasikannya ke dalam kebijakan pembangunan.

Seminar ini adalah salah satu acara dari rangkaian Pekan Lingkungan Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) pada 28-31 Mei di Jakarta Convention Centre.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup pada tanggal 5 Juni KNLH mengambil tema “Bersama Selamatkan Bumi Dari Perubahan Iklim”.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *