My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pemerintah Anggarkan Peningkatan Produksi Garam Rp107,6 Miliar

11 Juli
23:59 2012

Bangkalan – Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp107,6 miliar untuk peningkatan produksi garam di Indonesia pada musim produksi garam tahun ini.

“Dana sebesar Rp107,6 miliar ini untuk merealisasikan target produksi garam sebesar 1,3 juta ton garam rakyat,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C.Sutardjo dalam acara Kongres Garam Rakyat yang digelar PB Nahdlatul Ulama (NU) Pondok Pesantren Nurul Amanah, Basanah, Tanah Merah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (11/7).

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengalokasikan dana itu berupa bantuan langsung masyarakat (BLM) dan bantuan tidak langsung kepada 29.000 petambak garam yang tergabung dalam 3.035 kelompok usaha garam rakyat (Kugar) kepada 40 kabupaten/kota penghasil garam di seluruh Indonesia dengan luas lahan 16.500 hektare.

Kongres Garam Rakyat yang digelar PB NU ini dijadwalkan berlangsung dua hari, yakni mulai tanggal 11 hingga 12 Juli 2012.

Kongres ini diikuti petani garam dari sejumlah daerah penghasil garam yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Lamongan, Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Tuban, Rembang, Pati, Demak, Jepara, Brebes, Cirebon, Indramayu, Karawang, Karangasem, Jeneponto, Bima, dan Kupang.

Diharapkan Kongres I Garam Rakyat di Bangkalan ini bisa menghasilkan rekomendasi yang positif bagi pemerintah dalam menetapkan kebijakan soal garam, terutama yang berpihak kepada kepentingan petani garam di seluruh Indonesia.

Salah satu topik pembahasan yang muncul dalam kongres garam di Bangkalan pada hari pertama itu adalah mudahnya perusahaan garam di Indonesia mengimpor garam, seperti yang pernah terjadi di Pamekasan pada musim panen garam tahun lalu.

Tidak hanya itu, potongan bantuan dalam program usaha garam rakyat kepada sebagian kelompok usaha garam di Madura, juga menjadi pembahasan hangat peserta kongres.

Kongres Garam Rakyat yang digelar PB NU di Bangkalan, Madura ini sebagai bentuk kepedulian organisasi tersebut pada petani garam, demi mewujudkan pemerintah dalam mencanangkan program swasembada garam nasional.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS