My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pemerintah Akan Tambah Dermaga di Merak-Bakauheni

16 Maret
23:49 2011
Pemerintah Akan Tambah Dermaga di Merak-Bakauheni

Menhub Freddy Numberi

Jakarta – Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, mengatakan, pemerintah akan menambah dermaga baru di Pelabuhan Merak dan Bakauheni untuk kapal-kapal berkecepatan lambat.

“Kita juga ada keluhan mereka akan kecepatan kapal. Artinya, kapal yang kecepatannya lambat itu masuk truk antrean dan mengganggu kapal-kapal lain yang berkecepatan tinggi. Kita sudah melaporkan ke Wapres bahwa kita sudah melakukan regrouping per kecepatan kapal sehingga yang lambat itu nanti dilayani di satu dermaga tersendiri, yang kecepatannya di atas 10 knot misalnya itu dermaganya tersendiri,” katanya seusai rapat soal pelabuhan di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (16/3).

Freddy Numberi mengatakan, pemerintah akan menambah dermaga sehingga masing-masing pelabuhan akan memiliki enam dermaga. Hal ini sebagai tindak lanjut untuk mengatasi kemacetan yang terjadi dalam lalulintas dua pelabuhan yang menghubungkan Jawa-Sumatera tersebut.

Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan dermaga di Merak sebesar Rp120 miliar sedangkan di pelabuhan Bakauheni sebesar Rp450 miliar – Rp550 miliar.

Sementara itu, dalam laporannya kepada Wapres juga dibahas mengenai pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok. “Ke depan dalam rangka mengantisipasi volume perdagangan yang ada. Arahan wapres, masterplan yang baru dan terintegrasi harus segera selesai, diberi jadwal minggu I dan II April harus selesai untuk dilaporkan ke wapres. Bersama-sama dengan pelindo kita integrasikan menjadi satu,” katanya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS