My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pelni Balikpapan Tambah Armada ke Surabaya dan Makassar

31 Juli
01:24 2012

Km Kelimutu

Balikpapan – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Balikpapan memperkirakan akan ada 20 ribu penumpang dari Balikpapan menuju Makassar dan Surabaya untuk mudik lebaran Idul Fitri 1433 H.

“Kami perkirakan itu terjadi saat arus puncak, biasanya mulai H-7,” kata Kepala Pelni Balikpapan Sukendra, Senin. Tingkat kenaikan tersebut diperkirakan berdasarkan kenaikan rata-rata jumlah calon penumpang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, Pelni menambah satu kapal lagi untuk rute Balikpapan-Surabaya-Balikpapan.

Keseluruhannya, kini ada 5 kapal yaitu KM Dorolonda, Km Bukit Siguntang, KM Tidar, KM Umsini dan KM Nggapulu. Setiap kapal berkapasitas 3.000 penumpang dan masih bisa dimuati lebih kurang 750 orang lagi atau 25 persennya.

Selain menambah armada, Pelni juga merubah rute KM Umsini yang semula dari Balikpapan-Tarakan-Nunukan menjadi rute Balikpapan-Surabaya untuk memenuhi tingginya permintaan penumpang.

“Perubahan itu berlangsung sementara untuk melayani pemudik. KM Umsini ke Surabaya pada tanggal 17 Agustus atau sehari sebelum Ramadan,” kata Sukendra.

Pada waktu yang sama, KM Nggapulu juga akan melayani rute dari Balikpapan- Toli-toli-Pantoloan-Balikpapan-Surabaya.

“Rute ke Surabaya KM Nggapulu itu tambahan juga. Semuanya untuk mengatasi lonjakan penumpang,” kata Sukendra.

Dengan demikian, akan ada tiga kapal yang melayani rute Balikpapan-Surabaya tersebut. Kapal-kapal itu akan berangkat dari Pelabuhan Semayang tanggal 14, 16 dan 17 Agustus, jelas Sukendra.

Lebaran 1432 Hijriyah atau tahun 2011 lalu jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut mencapai 18.000 orang. Angka 20 ribu perkiraan Pelni adalah perhitungan kenaikan 10 persen.

Lonjakan tersebut disebabkan berbagai hal. Menurut Sukendra, kapal laut dipilih karena tiketnya lebih murah, apalagi dibanding dengan tiket pesawat terbang di musim puncak seperti saat itu.

Saat ini kata Sukendra, sudah terjual hingga 25 persen tiket untuk keberangkatan tanggal 14 Agustus atau H-4. Namun Sukendra yakin tiket akan habis sebelum di pekan pertama Agustus ini. Untuk sementara Pelni menyediakan 15 ribu lembar tiket.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS