My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pelindo I Antisipasi Ledakan Penumpang Bulan Puasa dan Lebaran

 Breaking News
01 Agustus
11:36 2012
Pelindo I Antisipasi Ledakan Penumpang Bulan Puasa dan Lebaran

Medan – PT Pelabuhan Indonesia I telah mengoptimalkan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan bongkar muat barang dan penumpang selama bulan puasa dan Lebaran 2012 di seluruh pelabuhan yang dikelola BUMN ini.

“Kami siap melayani peningkatan arus bongkar muat barang selama bulan puasa dan Lebaran tahun ini,” kata Asisten Corporate Secretary dan Humas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Eriansyah di Medan, Selasa (31/7).

Dia menjelaskan, optimalisasi persiapan telah dilakukan di seluruh wilayah kerja PT Pelindo I dengan memantapkan kualitas peralatan dan fasilitas bongkar muat, sistem teknologi informasi dan sumber daya manusia yang bertanggung jawab di bidang operasional pelayanan jasa kepelabuhanan.

Salah satu pelabuhan yang diprediksi bakal mengalami lonjakan volume bongkar muat barang dan penumpang adalah Pelabuhan Belawan Medan.

Pelabuhan Belawan sebagai pelabuhan utama di Sumatera, menurut dia, telah disiapkan sejumlah dermaga dan gudang untuk menampung peningkatan volume barang.

Di kawasan terminal peti kemas internasional Pelabuhan Belawan atau “Belawan International Container Terminal/BICT”, kini telah dioperasikan peralatan bongkar muat antara lain 11 unit container crane, 26 unit rubber gantry crane, dua unit harbour mobile crane, 10 unit reach stacker, tiga unit side loader, 55 unit head truck dan serta 56 unit chasis.

“Semua fasilitas pendukung yang terdapat di BICT tersebut siap mendukung kelancaran arus ke luar masuk barang dari dan ke Sumatera, khususnya Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

BICT kini siap melayani aktivitas bongkar muat barang selama 24 jam dalam satu hari.

Selain itu, pihaknya juga telah membenahi berbagai sarana dan prasarana pendukung di terminal penumpang di kawasan ujung baru Pelabuhan Belawan.

Dalam upaya memperlancar kegiatan operasional di lapangan, kata Eriansyah, seluruh jajaran petugas lapangan Pelindo I akan berada di dalam Tim Koordinasi Otoritas Pelabuhan Belawan dan Posko pelayanan angkutan Lebaran.

Koordinasi yang sama juga dilakukan Pelindo I di pelabuhan lain di Sumut dan Riau, di antaranya Tanjung Balai Asahan, Sibolga, Gunung Sitoli, Dumai, Sei Pakning, Tembilahan, Selat Panjang, Tanjungpinang dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun mulai H-15 hingga H+15 Lebaran 2012.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS