My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang Bakal Disinggahi 22 Kapal Pesiar

24 Maret
05:18 2011
Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang Bakal Disinggahi 22 Kapal Pesiar

Carnival Cruise

Semarang – Selama 2011 ini, sebanyak 22 kapal pesiar berasal dari berbagai negara dijadwalkan akan singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Jumlah kapal pesiar pengangkut wisatawan mancanegara yang akan singgah di Tanjung Emas pada tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya,” kata Prasetyo Ariwibowo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Kamis (24/3).

Pada 2010, menurut Prasetyo Ariwibowo hanya sebanyak 16 kapal pesiar yang menyinggahi Tanjung Emas.

Prasetyo mengatakan, peningkatan jumlah kapal pesiar yang singgah di Tanjung Emas itu bagian dari pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2011 yang mencapai 350 ribu orang.

Pemprov Jateng telah menyiapkan konsep pengembangan berbagai objek wisata untuk mendukung pencapaian target kunjungan wisata pada 2011 yang mencapai lebih dari 25 juta orang.

Prasetyo mencontohkan, pengembangan Taman Wisata Pantai Widuri Pemalang, wisata budaya dan purbakala di Kabupaten Rembang, pembenahan Museum Kereta Api Ambarawa, dan Kawasan Rawa Pening, Kabupaten Semarang.

Menurut Prasetyo Ariwibowo, pengembangan wisata budaya di Kabupaten Rembang, antara lain berupa pengembalian fungsi pendopo kabupaten sebagai bagian dari Museum Kartini.

“Karena pendopo kabupaten dikembalikan fungsinya jadi museum, maka rumah Bupati Rembang akan dipindahkan,” katanya.

Selain itu, penataan Museum Kereta Api akan disatukan dengan kawasan Palagan Ambarawa.

Adapun pengembangan berbagai tempat wisata ini, sebagian akan dimulai pada 2011.

Prasetyo Ariwibowo menjelaskan, dalam menyiapkan revitalisasi berbagai objek wisata itu, Pemprov Jateng akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan masing-masing pemerintah daerah terkait dengan konsep pengembangan serta pendanaan.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS