My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Paus Terdampar di Bantul Belum Dipindah

02 Agustus
13:36 2012

Paus terdampar (ilustrasi)

Bantul – Paus yang terdampar pada Rabu (1/8) pukul 19.00 WIB di Pantai Baru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga berita ini diturunkan belum dipindah.

Anggota SAR Pantai Baru Muhammad Dawud, Kamis (2/8) mengatakan paus warna hitam dengan tutul kuning seberat dua ton dan berukuran panjang 9,5 meter yang saat terdampar dalam keadaan mati itu, kini masih berada di bibir pantai yang berjarak sekitar 20 meter dari garis pasang pantai.

Ia mengatakan paus itu awalnya diketahui seorang nelayan yang sedang menjarit eret di sekitar pantai.

“Mungkin nelayan itu penasaran dengan paus tersebut, kemudian mendatanginya dan setelah dilihat ada paus terdampar, maka terus memberitahukan kepada teman-teman yang lain,” katanya.

Menurut Dawud, setelah memberitahu kepada nelayan dan SAR setempat, kemudian bersama masyarakat setempat mengevakuasi paus dari bibir pantai menuju ke pinggir pantai.

“Ada puluhan orang, baik dari warga, nelayan dan SAR membantu mengevakuasi paus itu, dengan peralatan yang sederhana seperti tampar, namun karena bantuan ombak juga paus berhasil dipinggirkan,” katanya.

Menurut Dawud, butuh waktu sekitar dua jam untuk mengevakuasi ikan paus itu, karena ikan tersebut cukup berat sehingga sekitar pukul 22.00 WIB paus tersebut berhasil dipinggirkan.

“Kami sudah beritahukan kepada dinas,untuk tahap selanjutnya masih menunggu instruksi, yang penting kami sudah menyelamatkan bangkai ikan paus tersebut,” katanya.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS