My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Patroli TNI-AL Sergap Kapal Penyelundup Manusia Asal Malaysia

01 September
00:00 2008
Patroli TNI-AL Sergap Kapal Penyelundup Manusia Asal Malaysia

Petugas TNI-AL Tanjung Balai Asahan memeriksa pekerja ilegal diatas kapal asal MalaysiaDispenal – indosmarin.com

Medan – Patroli Keamanan Laut (Patkamla) II-1.4-13/TBA Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan, berhasil mengamankan sebuah kapal motor dari Malaysia pembawa tenaga kerja ilegal pada Kamis (28/8) di perairan Tanjung Jumpul Asahan, Sumatra Utara.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Adriansyah menjelaskan kronologis pengamanan kapal motor tanpa nama tersebut, berawal kapal yang berlayar dari Port Klang, Malaysia menuju Perairan Tanjung Balai Asahan.

Kapal yang terlihat mencurigakan ini mengundang perhatian patroli rutin Lanal Tanjung Balai Asahan yang kemudian menghentikan dan memeriksanya.

Menurut Ardiansyah, saat dihentikan kapal berada pada posisi 03º04’20” LU – 099º53’00” BT.

Saat diperiksa petugas TNI-AL, ternyata kapal tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen resmi dan Surat Ijin Berlayar (SIB). Diatas kapal juga ditemukan  dua puluh delapan orang tenaga kerja ilegal yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Keduapuluh delapan tenaga kerja ilegal ini disembunyikan di bawah palka kapal yang telah diberi lubang udara.

Demi kepentingan pemeriksaan petugas, kapal inipun dibawa ke Dermaga Pos Bagan Asahan. Sementara sang nahkoda beserta ke-28 orang tenaga kerja illegal diamankan di Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan untuk dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, S.E, mengatakan bahwa TNI – Angkatan Laut ditengah keterbatasan anggaran masih tetap eksis melaksanakan  penegakkan hukum di laut dan dimasa yang akan datang akan lebih mengefektifkan serta mengintensifkan operasi keamanan di laut serta di seluruh perbatasan Indonesia sesuai komitmen TNI AL untuk menjaga kedaulatan negara(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS