My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Patahan Interslab Sebabkan Gempa Bumi di Halmahera

 Breaking News
20 Januari
00:11 2016
Patahan Interslab Sebabkan Gempa Bumi di Halmahera

Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan terjadinya gempa bumi di timur laut Halmahera, Maluku Utara.

Gempa bumi tersebut terjadi pada hari Selasa (19/1/2016) pukul 02.21 WIB. Dengan pusat gempa bumi berada pada koordinat 0.19 derajat lintang selatan dan 129.53 derajat bujur timur dengan kekuatan magnitudo 5,1 skala richter. Pusat gempa gerada di kedalaman 10 kilometer dan berjarak 174 kilometer timur laut Halmahera Selatan, Maulu Utara.

Sementara, United States Geological Survey (USGS) mencatat, episenter gempa bumi berada pada koordinat 0.268 derajat lintang selatan dan 129.534 derajat bujut timur dengan kekuatan 5.5 magnitude moment (Mw) pada kedalaman 10 kilometer.

PVMBG mencatat pusat gempa bumi berada di laut, sedangkan daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi terutama Halmahera bagian selatan. Di wilayah tersebut, sebagian besar tersusun oleh endapan aluvium, endapan gunung api Kuarter, dan endapan gunung api Tersier.

Pada daerah yang disusun oleh endapan aluvium dan endapan gunung api Kuarter yang terlapukkan diperkirakan guncangan gempa bumi akan terasa lebih kuat karena batuan ini bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran, sehingga rentan terhadap guncangan gempa bumi.

“Berdasarkan posisi dan kedalamannya yang dangkal diperkirakan sumber gempa bumi berasosiasi dengan patahan intraslab,” tulis PVMG dalam situs resminya, Selasa.(Bisnis.com)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *