My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pasukan Katak Armatim Gelar Latihan Jala Giri Yudha

11 November
10:44 2008
Pasukan Katak Armatim Gelar Latihan Jala Giri Yudha

Bintang Gerilja – indosmarin.com

Surabaya – Satuan Pasukan Katak Komando Armada RI Kawasan Timur (Satpaskaarmatim), sejak Selasa (11/11) menggelar latihan Jala Giri Yudha di sekitar Daerah Basis TNI AL (DBAL) – Koarmatim, Dermaga Ujung, Surabaya.

Tujuan digelarnya latihan ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Kopaska dalam melaksanakan operasi khusus melalui media laut, muara maupun rawa-rawa, serta memantapkan kemampuan perorangan maupun kerjasama dalam bentuk tim.

Jenis latihan yang digelar meliputi latihan teknis dan taktis di lapangan, baik perorangan maupun dalam bentuk tim. Adapun materi latihan sendiri dibagi dalam empat tahap, yaitu materi laut yang meliputi renang tempur, dayung taktis, dan peximeter pantai.

Untuk materi darat dan rawa meliputi, patroli rawa, patroli darat, pengintaian sasaran, demo raid dan hambouring. Materi pertempuran jarak dekat meliputi, markmanship, CQC dan prisoner handling. Sementara, Materi lainnya yaitu tentang demolisi dan penanganan medis.

Selama dalam latihan Jala Giri Yudha ini, para prajurit Kopaska menggunakan perlengkapan penunjang tempur seperti Sea Rider, perahu karet, peralatan medan, peralatan komunikasi yang kesemuanya merupakan peralatan standar khusus Pasukan katak.

Latihan setingkat K-2 ini, secara keseluruhan melibatkan sedikitnya 87 personel diantaranya terdiri dari 21 peserta latihan, 21 personel Kimalat, 2 perwira penilai dari Kolatarmatim, Staf Latihan 16 orang dan pendukung lainnya. Menurut rencana latihan ini, berlangsung selama sepuluh hari dan akan ditutup pada Jumat (21/11) (Ant.)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS