My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Para Menteri dan Penjabat Senior CTI Bertemu di PNG

11 Maret
16:36 2009
Para Menteri dan Penjabat Senior CTI Bertemu di PNG

Jakarta – Pertemuan tingkat menteri negara-negara Coral Triangle Initiative (CTI) berlangsung mulai hari ini di Port Moresby, Papua New Guinea (PNG). Dalam pertemuan tahap pertama ini selain dihadiri para menteri juga dihadiri para pejabat senior dari masing-masing negara.

Dalam pertemuan tiga hari ini, Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numbery menyampaikan pandangan mengenai CTI Regional Plan of Action yang akan menjadi kesepakatan enam kepala negara yang akan berlangsung pada CTI Summit Manado 15 Mei 2009 mendatang.

Freddy Numbery juga menjelaskan bahwa Rencana Aksi Regional CTI, ini memiliki lima tujuan, yakni untuk menetapkan program bentang laut (seascape), melaksanakan pengelolaan perikanan berbasis ekosistem, menetapkan daerah perlindungan laut (marine protected area), mengantisipasi dampak perubahan iklim (climate change adaptation) dan mengurangi daftar jenis-jenis biota laut yang terancam punah dari daftar International Union for the Conservation of Nature (IUCN).

Selanjutnya freddy Numbery juga menegaskan bahwa dalam pelaksanaannya nanti, initisiatif rencana aksi regional ini harus lebih banyak dipelopori pemerintah, masing-masing negara.

Dalam kesempatan ini, Freddy Numbery juga mengundang pemerintah negara-negara CT-6 untuk hadir serta berpartisipasi aktif pada saat pelaksanaan World Ocean Day (WOC) 2009 dan CTI Summit yang akan berlangsung pada 11 – 15 Mei 2009 di Manado, Sulawesi Utara.

Untuk diketahui, CTI beranggotakan enam negara yang memiliki terumbu karang terluas di dunia. CTI terdiri atas Indonesia, Malaysia, Philipina, Papua New Guinea, Timor Leste dan Kepulauan Solomon. Dalam CTI ini juga Amerika Serikat dan Australia masuk sebagai mitra kerjasama pengembangan, serta beberapa Intergovernmental Organization (IGO), GEF, ADB, Worldfish dan Non Government Organization (NGO) seperti WWF, TNC, CI.(Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS