My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pantura Laut Jawa Aman untuk Nelayan Melaut

01 November
15:24 2008
Pantura Laut Jawa Aman untuk Nelayan Melaut

Jingga Fajar – indosmarin.com

Semarang – Perairan pantai utara (pantura) Laut Jawa pada hari Minggu (2/11) diprakirakan relatif aman untuk nelayan melaut karena gelombang yang terjadi di perairan tersebut tidak begitu besar.

Keadaan cuaca di wilayah perairan pantura Laut Jawa pada hari yang sama diprakirakan berawan dan berpotensi hujan ringan pada dini hari dan disertai guntur, kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Semarang, Atmaji Putro, di Semarang, Sabtu.

Ia mengatakan, kecepatan angin yang terjadi di wilayah perairan pantura Laut Jawa maupun Laut Selatan pada hari Minggu (2/11) berkisar antara 3-28 km per jam dari arah timur tenggara.

Meskipun kondisi gelombang di perairan pantura Laut Jawa mendukung untuk melaut, para nelayan perlu mencermati cuaca yang terjadi pada saat itu dan berhati-hati untuk menjaga keselamatan.

Tinggi gelombang di perairan pantura Laut Jawa termasuk perairan Karimunjawa pada hari Minggu (2/11) diprakirakan antara 0,3 meter hingga 1,4 meter sehingga relatif aman untuk nelayan melakukan penangkapan ikan.

Khusus tinggi gelombang di wilayah perairan pantura Jawa Tengah (Tegal-Semarang) pada hari yang sama antara 0,3 meter hingga 0,8 meter, katanya kepada kantor berita ANTARA.

Sementara itu, kondisi cuaca di wilayah perairan pantai selatan (pansel) pada hari Minggu (2/11) juga berawan dan berpotensi hujan ringan dini hari yang disertai guntur, sedangkan kecepatan angin antara 3-28 km per jam.

Tinggi gelombang di Laut Selatan pada hari yang sama diprakirakan antara 1,3 meter hingga 2,5 meter sehingga nelayan yang melaut harus lebih waspada, sebaiknya para nelayan dalam melaut jangan sampai ke tengah karena gelombangnya lebih besar.

Perairan pantai wilayah Cilacap pada hari yang sama tinggi gelombangnya diprakirakan antara 1,3 meter hingga 1,8 meter.

Menyinggung terjadinya angin kecang di wilayah perairan, menurut dia, hal itu memang sulit dideteksi tetapi sekarang ini masih berpotensi terjadinya angin kencang pada sore menjelang malam hari.

Pasang surut air laut di wilayah pantura Jateng pada hari Minggu (2/11) diprakirakan tertinggi mencapai 0,80 meter pada pukul 02.00 WIB dan terendah 0,40 meter terjadi pada pukul 10.00 WIB, katanya (Ant.)

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS