My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pantai Panimbang, Banten Diserang Abrasi

12 Juli
16:25 2011
Pantai Panimbang, Banten Diserang Abrasi

Abrasi Pantai (ilustrasi)

Pandeglang – Sebanyak 50 persen pantai yang ada di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, rusak akibat terkena abrasi.

“Di Kecamatan Panimbang terdapat 40 kilometer pantai, dan 20 kilometer atau 50 persen di antaranya mengalami kerusakan akibat abarasi,” kata Camat Panimbang Anwari Husnira, Selasa (12/7).

Seperti yang diberitakan AntaraNews Panimbang, merupakan salah satu kecamatan dari 35 kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang memiliki kawasan pantai terluas, dan potensial menjadi objek wisata kalau dipelihara dan dikelola secara baik.

Di kecamatan itu, juga terdapat Pantai Tanjung Lesung, yang merupakan objek wisata andalan Kabupaten Pandeglang dan banyak didatangi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Kita memiliki pantai sangat panjang, namun sayang sebagian mengalami kerusakan akibat abrasi. Kami butuh bantuan semua pihak untuk memperbaiki pantai ini,” ujarnya.

Anwari juga menjelaskan, abrasi pantai di Panimbang sudah berada pada tahap memprihatinkan, dan kerusakan yang ditimbulkan sangat parah.

Ia juga menjelaskan, Pulau Liwungan yang jeraknya sekitar lima kilometer dari Pantai Panimbang, sebelumnya menyatu dengan daratan.

“Tahun 1970-an, Pulau Liwungan itu tidak ada, tapi karena abrasi yang begitu parah dan menimbulkan kerusakan pantai, sampai terbentuk pulau itu,” ujarnya.

Pada awal terbentuk, kata dia, luas Pulau Liwungan mencapai 26 hektar, namun kini hanya tersisa 16 hektare, sisanya 10 hektare sudah habis karena abrasi.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS