My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pantai Ba’a Dipenuhi Sampah Plastik

 Breaking News
28 Februari
15:20 2016
Pantai Ba’a Dipenuhi Sampah Plastik

Ba’a – Pantai Ba’a yang terletak di Kabupaten Rote-Ndao, Nusa Tenggara Timur, dipenuhi aneka macam sampah dan sebagian besar adalah sampah plastik. Di sepanjang Pantai Ba’a ini terlihat banyak sekali botol plastik bekas air minum mineral yang berserakan di tepi pantai.

Belum ada pihak baik pemerintah dan masyarakat yang peduli dengan kotornya Pantai Ba’a ini, padahal pantai ini ada beberapa rumah makan dan juga hotel kelas melati yang menandakan bahwa pantai ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata startegis Kab. Rote-Ndao.

“Perlu upaya keras untuk membangun kepedulian warga dan juga pemerintah di dalam menyelesaikan persoalan sampah plastik ini,” ungkap Dato Ali Gani, warga Kampung Metina, Ba’a, saat ditemui Indosmarin.com, Minggu (28/2).

Menurut Gani, Ia dan beberapa kawan yang peduli lingkungan sempat mengirimkan surat kepada pihak Kelurahan Metina, untuk mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar bersama-sama melakukan kerja bakti membersihkan sampah dari sepanjang pesisir Pantai Ba’a.

“Saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari kemarin, kami sudah mencoba untuk bersurat ke Kantor Kelurahan, namun hingga dua minggu kemudian masih belum juga dibalas, saat kami datangi lagi, pihak keluarahan, menyatakan lagi sibuk, entah sampai kapan masalah sampah ini akan dibereskan bersama,” ungkap lelaki yang akrab dipanggil Atski ini.

Ia berharap, persoalan sampah plastik ini menjadi salah satu skala prioritas kerja Pemerintah Kabuapten Rote-Ndao mengingat Indonesia menjadi salah satu dari dua negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia.

Berdasarkan data JAMBECK 2015, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyebutkan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia adalah negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua setelah China dengan jumlah 187,2 juta ton.(Gentry Amalo)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS